Beranda Kota Metro Panen Raya Padi Unggul Lokal MSP Lampung

Panen Raya Padi Unggul Lokal MSP Lampung

161
BERBAGI

Foto : Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin,SE, didampingi Koordinator MSP Provinsi Lampung Sumarsono, Ketua MSP Kota Metro Ancilla Hernani saat Panen Raya Padi Unggul Lokal MSP Lampung.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Ketua MSP Kota Metro Ancilla Hernani,SE,.,Psi.,M.Pd mengatakan ada peningkatan 20 sampai 30 persen hasil Panen Padi MSP.

 

Hal tersebut disampaikan Ancilla Hernani saat memberikan sambutan pada acara Panen Raya Padi Unggul Lokal Lampung MSP sekaligus peresmian Pendopo Petani Kota Metro berlokasi di Jalan kanguru Kecamatan Metro Pusat Kota Metro, Sabtu (19/03/2022).

 

Ancilla Hernani,SE,.,Psi.,M.Pd

 

Panen Padi MSP baru dibeberapa lokasi dengan luas sekitar 110 hektare dan belum semua dipanen dari luas sekitar 136 hektare. Panen pertama berlokasi di 21 D dan Hasil Padi MSP yang kita Panen kali kedua ini ada peningkatan 20 sampai 30 persen,” ucap Ancilla.

 

Dijelaskan Ancilla Hernani, ia mengharapkan Kedepannya Padi MSP menjadi Padi unggulan Lokal.

Padi MSP diharapkan menjadi Padi unggulan Lokal yang bisa dikembangkan khususnya di Kota Metro,” kata Ancilla Hernani.

Dikesempatan tersebut, Ancilla Hernani yang juga Anggota DPRD Kota Metro dari PDI Perjuangan pada acara Panen Raya Padi Unggul Lokal Lampung MSP mengatakan Hasil Panen pertama yang berlokasi di areal persawahan 21 D berjumlah 5 ton per hektare.

Panen Pertama Padi Unggul Lokal Lampung MSP yang sudah dikemas akan diberikan secara langsung oleh Petani kepada Ketua Komisi IV DPR RI Sudin,SE, Wali kota Metro Wahdi Siradjuddin, Kepala DKP3 Kota Metro Hery Wiratno. kemudian bibit Padi Unggul Lokal MSP juga akan diberikan kembali kepada bapak Surono Danu sebagai peneliti dan penemu Benih Padi Unggul Lokal MSP Lampung yang akan dibagikan lagi kepada Petani,” tutur Ancilla.

 

Ancilla selaku Ketua Mari Sejahterakan Petani (MSP) Kota Metro juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dalam pembangunan Pendopo Petani Kota Metro.

Terimakasih Kepada semua pihak, khususnya Petani yang membantu dalam pembangunan Pendopo Petani Kota Metro yang dilakukan hanya dalam waktu 3 ½ Bulan,” terang Ancilla.

 

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin saat memberikan sambutan di acara Panen Raya Padi Unggul Lokal MSP Lampung

 

Ditempat yang sama, Wali Kota Metro dr.Wahdi,Sp.OG (K) mengharapkan dengan Panen Raya Padi Unggul Lokal Lampung MSP dapat meningkatkan kesejahteraan petani khususnya di Kota Metro.

Alhamdulillah, Hari ini berlangsung Panen Raya Padi Unggul Lokal dengan luas sekitar 110 hektare. Untuk Kota Metro memang tidak terlalu luas lahan persawahan, tetapi kita surplus sekitar 35 ribu ton pertahun. Mudah-mudahan dengan Padi Unggul Lokal Kota Metro MSP ini, padi kita menjadi berkualitas,” ujar Wali Kota Wahdi.

 

Koordinator MSP Provinsi Lampung Sumarsono bersama Ketua MSP Kota Metro Ancilla Hernani

 

Sementara itu, Ketua Koordinator MSP Provinsi Lampung, Sumarsono, ia menyampaikan Kedaulatan Pangan Harus diperjuangkan serta intensifikasi harus diperhatikan dengan sejahterakan petani.

 

Dimusim panen pertama kita menghasilkan 5 Ton dan Bibitnya kita tanam kembali dan hari ini panen kedua kalinya. Dimana bibit Padi Unggul MSP ini merupakan komposit yang bisa dibuat bibit ulang,” ucap Sumarsono.

 

Penandatanganan Prasasti dan Pemotongan Tumpeng Peresmian Pendopo Petani Kota Metro oleh Ketua komisi IV DPR RI dan juga Ketua PDI Perjuangan Provinsi Lampung,Sudin,SE

 

Lebih lanjut, Sumarsono menuturkan untuk penanaman bibit padi unggul lokal MSP yang kedua yaitu dengan luas lahan sekitar 136 hektare.

Dari luas 136 hektare yang kita tanam belum semua dipanen dan menghasilkan 8 Ton padi dari sebelumnya rata-rata hanya 5-6 ton, artinya ada peningkatan 2 ton per hektare,” ucapnya.

 

Lebih lanjut dikatakan Sumarsono, ia mengharapkan dengan adanya Pendopo Petani Kota Metro menjadi tempat berkomunikasi, edukasi dan diskusi seputar pertanian.

 

Mudah-mudahan dengan adanya Pendopo Petani Kota Metro ini bisa menjadi wadah atau tempat untuk edukasi dan diskusi-diskusi, dimana harapan kami kedepannya panen bisa menghasilkan 10 ton per hektare dan hal ini sudah kita lakukan dengan satu hektare lahan pertanian menghasilkan 10,8 Ton,” jelasnya.

 

Selain itu, Sumarsono juga mengatakan harapan kedepannya untuk bibit baru yang akan ditanam bisa menghasilkan 15 ton per hektare.

 

Acara dilanjutkan dengan melakukan Panen Raya Padi Unggul Lokal MSP Lampung, Dalam hal ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin,SE sekaligus Penandatanganan Prasasti dan Pemotongan Tumpeng Peresmian Pendopo Petani Kota Metro didampingi Koordinator MSP Provinsi Lampung Sumarsono, Ketua MSP Kota Metro Ancilla Hernani dan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Metro.

 

Kemudian dilakukan penyerahan bantuan dari kementerian pertanian kepada Petani berupa Handtraktor sebanyak 10 unit dan Pompa air 10 unit. Bantuan ini merupakan Aspirasi Ketua Komisi IV DPR RI dan juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung bapak Sudin,SE.

 

Terlihat Hadir pada Panen Raya Padi Unggul Lokal MSP Lampung tersebut, Wali Kota Wahdi Siradjuddin, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung Sudin,SE, Koordinator MSP Provinsi Lampung Sumarsono, Ketua MSP Kota Metro Ancilla Hernani, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Metro Anna Morinda, Gapoktan dan kelompok Petani Kota Metro.

Time7Newss.com (Enda).

 

Print Friendly, PDF & Email