Beranda Advetorial Workshop Kampung Keluarga Berkualitas, BKKBN RI Muktiani : Yosodadi Sebagai Role Model

Workshop Kampung Keluarga Berkualitas, BKKBN RI Muktiani : Yosodadi Sebagai Role Model

20
BERBAGI

Foto : BKKBN RI bersama Tim melakukan Kunjungan di Kelurahan Yosodadi Kota Metro.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI  bersama Tim Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas se-Provinsi Lampung melakukan Kunjungan ke Kelurahan Yosodadi dan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro, Rabu (31/08/2022).

 

Dikesempatan tersebut, Kepala Dinas PP PA PP dan KB Kota Metro Prayetno mengatakan bahwa Kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang berada di Yosodadi, telah meraih juara I tingkat Provinsi Lampung pada tahun 2022.

 

BKKBN RI melakukan kunjungan ke Kelurahan Yosodadi Kota Metro

 

Pemerintah tentu tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari seluruh stakeholder, khususnya di Kota Metro,” ucapnya.

 

Dikatakan Prayetno,ia juga menjelaskan bahwa di Kota Metro memiliki 11 Kampung Keluarga Berkualitas, dimana Kelurahan Yosodadi merupakan salah satu Kampung Keluarga Berkualitas yang kita jagokan untuk mengikuti Lomba Tingkat Provinsi dan telah meraih Juara I pada tahun 2022.

 

BKKBN RI Bersama Tim melakukan Kunjungan di Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro

 

Harapannya, kampung Keluarga Berkualitas di Yosodadi dapat menjadi contoh pembelajaran untuk Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung.

 

Ditempat yang sama, Direktorat Analisis Dampak Kependudukan BKKBN RI Muktiani Asrie saat diwawancarai time7newss.com, ia menjelaskan bahwa kunjungan hari ini sebenarnya rangkaian workshop Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan tindak lanjut dari inpres nomor 3 tahun 2022 yang sudah ditanda tangani oleh presiden.

 

Ini merupakan sosialisasi kepada lintas sektor yang ada di Provinsi Lampung, dimana kemarin juga dihadiri lima kementerian yang memiliki tugas untuk bergabung, “ungkapnya.

 

Direktorat Analisis Dampak Kependudukan BKKBN RI Muktiani Asrie

 

Sehingga, untuk mengoptimalisasikan penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas ini kita butuh konvergensi lintas sektor, baik yang ada di pusat maupun Kabupeten/Kota lain.

 

Tadi sudah disampaikan juga oleh bapak Wakil Walikota bahwa untuk melakukan program-program yang ada di tingkat kota butuh keroyokan sehingga bisa optimal dan berdampak baik bagi masyarakat,” terang Muktiani.

 

Kunjungan BKKBN RI Bersama Tim ke Kampung Keluarga Berkualitas di kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro

 

Dalam pemaparannya, Muktiani mengungkapkan bahwa saat ini BKKBN RI bersama Tim telah melakukan kunjungan dan mendatangi beberapa sektor yang ada di Provinsi Lampung.

 

Ada lima Provinsi yang menjadi tujuan kami, dan Kota Metro merupakan kunjungan ketiga yang sudah kami jalankan,” tuturnya.

 

Muktiani juga menilai Kota metro sudah cukup baik dan bisa menjadi contoh role model bagi kabupaten di Kota Lainnya.

 

Lurah Yosodadi Syaifullah

 

Dikesempatan yang sama, Senada disampaikan Lurah Yosodadi Syaifullah, ia menuturkan bahwa workshop kampung keluarga berkualitas ini dalam rangka studi tiru dimana Kelurahan Yosodadi meraih predikat juara 1 tingkat Provinsi Lampung.

 

Kampung keluarga Berkualitas di Yosodadi hari ini, dimana banyak Inovasi yang dilakukan warga maupun kelompok dalam rangka meningkatkan giat ekonomi di kelurahan Yosodadi,” jelas Syaifullah.

 

Lebih lanjut dikatakan Syaifullah, kegiatan warga kelurahan Yosodadi yaitu posyandu yang sangat representatif dan peningkatan ekonomi kerakyatan warga melalui usaha kuliner.

 

Banyak sekali inovasi dan terobosan yang dilakukan warga kelurahan Yosodadi dengan usaha kuliner, susu kambing, maggot serta KWT dan Bank Sampah untuk pengelolaan sampah, ada hal yang sangat kita apresiasi bahwa kegotongroyongan warga dengan membangun gedung serbaguna (GSG) hasil swadaya masyarakat,” pungkasnya.

 

Time7Newss.com (Red/ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email