Beranda Uncategorized Pemkot Metro Fasilitasi UMKM Pelayanan Izin Terpadu

Pemkot Metro Fasilitasi UMKM Pelayanan Izin Terpadu

10
BERBAGI

Foto :  Fasilitasi UMKM Pelayanan perizinan terpadu ini melibatkan Dinas Koperasi dan UMK, UM, dan Perindustrian, DPMPTSP, UKPBJ, Diskominfo serta Dinkes, berupa pelayanan NIB, PIRT, Layanan Foto Produk dan e katalog.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Pemerintah Kota Metro menggandeng berbagai kalangan membantu memfasilitasi para pelaku UMKM di Kota Metro, Jumat (9/9/2022) di Rumah Informasi Sejarah (RIS) Metro.

 

Dalam hal ini, Ketua Dekranasda Metro Silfia Naharani Wahdi menjelaskan kegiatan bersama yang digelar di cagar budaya ini adalah wujud gotong-royong dan komitmen Pemerintah dalam membantu para pelaku UMKM.

 

Pelayanan perizinan terpadu ini melibatkan Dinas Koperasi dan UMK, UM, dan Perindustrian, DPMPTSP, UKPBJ, Diskominfo serta Dinkes berupa pelayanan NIB, PIRT, Layanan Foto Produk dan e katalog,” jelas Silfia.

 

Masih dikatakan Silfia Naharani, Ia menyampaikan layanan lainnya adalah layanan pembuatan NPWP yang menggandeng Kantor Pajak, konsultasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) bersama BNI Metro dan sosialisasi sertifikasi halal bersama penyuluh Kemenag.

 

Pemkot Metro Fasilitasi UMK Pelayanan perizinan

 

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Deny Sanjaya menjelaskan kegiatan bersama ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan sebagai upaya mendorong legalitas perizinan dan pembukaan akses bagi para pelaku UMKM.

 

Sebelumnya kegiatan dilakukan pada masing-masing OPD berdasarkan tupoksi masing-masing, kali ini kegiatan dilakukan bersama sehingga pelaku UMKM bisa mengakses seluruh layanan sekali datang,” paparnya.

 

Ditempat yang sama, Kadis Kominfo Metro Subehi, menambahkan selain layanan perizinan, Pemerintah juga memberikan layanan foto produk UMKM dan input aplikasi Metro Bangga Beli.

 

Aplikasi ini adalah aplikasi untuk membantu pemasaran produk-produk UMKM selain ketersediaan e katalog lokal,” ungkapnya.

 

Terpisah, Wali Kota Metro Wahdi menjelaskan bahwa layanan perizinan ini adalah upaya untuk mendorong masyarakat menjadi produktif.

 

Lewat fasilitasi semacam ini kita berharap kedepan UMKM akan menjadi mandiri dan mampu naik kelas,” ucapnya.

 

Disisi lain menurutnya, Pemerintah lewat e-katalog lokal juga terus berupaya meningkatkan serapan produk lokal salah satunya lewat pembelian produk-produk UMKM.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email