Beranda Kota Metro BNN Provinsi Lampung Dan Pemkot Metro Sepakat Perangi Narkoba

BNN Provinsi Lampung Dan Pemkot Metro Sepakat Perangi Narkoba

80
BERBAGI

Foto : Wakil Wali Kota Qomaru Zaman didampingi Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo saat menerima Audiensi BNN Provinsi Lampung.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman menerima audiensi BNN Provinsi Lampung, bertempat di ruang kerja Wakil Wali Kota, Kamis (09/03/2023).

 

Kepala BNN Provinsi Lampung, Sungkono memaparkan apa yang disampaikan oleh Ibu Iriana Jokowi tentang fase penyuluhan narkoba dan ditambah banyaknya korban yang berasal dari kalangan anak muda.

 

Ini kan dirasakan bahwa undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika itu yang melaksanakan hanya polisi dan BNN, itupun masih kurang sehingga keluar lah lnstruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 yang menginstruksikan kepada Kementerian Lembaga, Kapolri, termasuk Gubernur, Wali Kota, dan Bupati untuk melaksanakan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba),” kata Sungkono.

 

Beliau juga menyampaikan, banyak sekolah yang ingin melakukan tes urin kepada siswanya hanya saja terkendala oleh anggaran yang terbatas.

 

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman menjelaskan bahwa Pemkot Metro telah bekerjasama dan berupaya dengan berbagai pihak untuk mencegah sekaligus menanggulangi narkoba.

 

Di kota ini memang baru beberapa baliho sosialisasi narkoba yang sudah dipasang salah satunya di Kelurahan Margo Rejo, kalau kaitannya dengan pergerakan sekarang kita sudah berkomunikasi dengan stakeholder terkait dengan kondisi Kota ini, dan kemarin saya sempat berbicara dengan kepala Lapas, jadi sebenarnya disana itu lebih banyak tahanan dari luar Kota Metro serta kita berkontribusi untuk kota ini mengamankan generasinya menjadi jauh dari narkoba,” ujarnya.

 

Sekertaris Daerah Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo juga menyampaikan ada beberapa program yang sudah dilaksanakan oleh Pemkot Metro, di antaranya adalah pemasangan spanduk yang menyampaikan sosialisasi dan pesan-pesan terkait penyalahgunaan narkoba.

 

Telah dilaksanakannya sosialisasi dari SMP dan SMA, pengecekan urin untuk ASN (Aparatur Sipil Negara), sosialisasi narkoba langsung oleh BNN ke masyarakat, serta pemberian dana hibah dari BNN provinsi untuk BNN Kota Metro yang dialokasikan untuk kegiatan cek urin,” ujarnya.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email