Beranda Life style Ekonomi Wakil Wali Kota Qomaru : Penerapan Teknologi Upaya Transformasi dan Modernisasi Koperasi 

Wakil Wali Kota Qomaru : Penerapan Teknologi Upaya Transformasi dan Modernisasi Koperasi 

159
BERBAGI

Foto : Wakil Wali Kota Qomaru Zaman saat memberikan sambutan pada acara pelatihan modernisasi Koperasi tahun 2023.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Modernisasi koperasi adalah upaya perubahan atau transformasi koperasi untuk lebih maju dalam hal organisasi, tata kelola dengan penerapan teknologi informasi, sehingga sangat penting untuk dijadikan media mempercepat gerak bisnis koperasi.

 

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman saat menghadiri dan membuka kegiatan pelatihan modernisasi koperasi tahun anggaran 2023, berlangsung di Kec Kartikatama, Senin (13/03/2023).

 

“Modernisasi koperasi adalah upaya perubahan atau transformasi koperasi untuk lebih maju dalam hal organisasi, tata kelola dengan penerapan teknologi informasi, sehingga sangat penting untuk dijadikan media mempercepat gerak bisnis koperasi,” jelas Qomaru.

 

Qomaru mengatakan pengurus koperasi agar mampu beradaptasi dengan teknologi yang akan berdampak positif pada pertumbuhan koperasi.

 

Kegiatan pelatihan modernisasi koperasi ini diharapkan dapat membantu para pengelola atau pengurus agar mampu beradaptasi dengan teknologi, sehingga percepatan digitalisasi koprasi nantinya memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan koperasi yang modern di Kota Metro ini,” ungkapnya.

 

Penerapan sistem digital, lanjut dikatakan Qomaru, sistem digital pada koperasi ini diharapkan mampu membantu koperasi dalam mendapat predikat kredibel, terkhusus dari peserta anggota dan dari masyarakat umumnya.

 

Melalui sistem digital, mereka dilatih untuk bisa mengikuti perkembangan jaman, koperasi itu harus modern dan dikelola dengan baik dan tepat, berdaya saing yang kuat untuk menuju koperasi yang sehat dan bisa menghasilkan sesuatu serta menjadi keteladanan bahwa mengelola koperasi sesungguhnya menguntungkan sekali asal yang mengelola itu dengan niatan yang baik planningnya bagus dalam mengejar target kedepannya,” tuturnya.

 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Usaha Menengah dan Perindustrian Kota Metro, Siti Aisyah melaporkan dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang dari masing-masing perwakilan koperasi yang berbadan hukum aktif ini bertujuan untuk membuat layanan Koperasi menjadi lebih efesien dan efektif tanpa mengubah nilai dasar koperasi.

 

Supaya koperasi ini mengenal dunia digital yang modern karena Pak Presiden sudah mencanangkan harus ada sebanyak kurang lebih 500 koperasi modern dan kami sedang berusaha untuk menciptakan itu, yang mana harus ada beberapa item yang harus dipenuhi salah satunya adalah pelatihan koperasi moderen ini,” ungkap.

 

Adapun, lanjutnya dijelaskan Siti Aisyah, Kegiatan pelatihan modernisasi koperasi tahun anggaran 2023 yang dilaksanakan selama 5 hari tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik program pengembangan sistem pendukung usaha bagi usaha mikro kecil serta kegiatan peningkatan kapasitas koperasi dan UMK (PK2UMK) dengan narasumber berasal dari Lembaga diklat profesi koperasi jasa keuangan sejahtera mandiri Lampung dan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email