Beranda Kesehatan Ngobrol Literasi, Kesbangpol Metro Sosialisasi P4GN

Ngobrol Literasi, Kesbangpol Metro Sosialisasi P4GN

134
BERBAGI

Foto : Pemkot Metro melalui Badan Kesbangpol sosialisasi P4GN.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Badan Kesbangpol Kota Metro menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang diselenggarakan di Guest House , Selasa (30/05/2023).

 

Dengan diadakannya Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) ini ditujukkan agar bisa selaras dengan visi misi Kota Metro untuk mewujudkan Kota Metro Sehat. Dengan membangun masyarakat yang sehat secara jasmani, rohani dan sehat secara sosial.

 

Dalam sambutannya Wahdi, mengatakan bahwa sosialisasi P4GN ini ditujukan untuk memberi pemahaman kepada segenap mahasiswa/mahasiswi di Kota Metro atas bahaya narkoba. Peredaran gelap narkoba bisa menyasar siapa saja, jadi perlu pencegahan.

 

Dan diharapkan juga peran mahasiswa di dalam masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, apalagi mahasiswa memiliki kepribadian yang baik dan akhlak yang terpuji sebagai generasi penerus bangsa. Diharapkan juga mahasiswa sebagai agent of change yang menyuarakan aspirasi masyarakat digaris terdepan,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, Wahdi juga mengatakan bahwa kondisi rawan darurat narkoba di Indonesia disebabkan oleh kondisi geografis yang terbuka, sehingga narkoba mudah masuk dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Peredaran gelap narkoba bukan hanya menyasar orang dewasa dan remaja, melainkan juga anak-anak.

 

Demografis yang sangat besar (255 juta jiwa) menjadi pasar potensial peredaran gelap narkoba. Kerugian yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba mencapai 84,7 triliun rupiah biaya private dan sosial. Sistem penegakan hukum yang belum mampu memberikan efek jera kepada penjahat narkoba. Modus operandi dan variasi jenis narkoba yang terus berkembang.

 

“Narkoba sebagai mesin pembunuh massal (silent killer) yang merusak manusia terutama fungsi kerja otak, fisik dan emosi. Saat ini, lembaga pemasyarakatan (LP)-pun telah bertransformasi menjadi pusat kendali peredaran gelap narkoba. Peran serta masyarakat dalam UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pada pasal 104 –108, disebutkan bahwa masyarakat memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu dalam P4GN,” tuturnya.

 

Menurutnya, masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya P4GN. Masyarakat dapat melaporkan kepada pejabat yang berwenang/BNN jika mengetahui adanya penyalahgunaan /peredaran gelap Narkotika. Ketentuan pidananya setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika golongan 1 dalam bentuk tanaman akan dipidana serta di denda. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh audiens.

 

Time7Newss.com (Red)

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email