Beranda Advetorial HUT Ke-86 Kota Metro, Wali Kota Wahdi Luncurkan Call Center MC 112

HUT Ke-86 Kota Metro, Wali Kota Wahdi Luncurkan Call Center MC 112

122
BERBAGI

Foto : Wali Kota Metro Wahdi, Wakil Wali Kota Qomaru, bersama Ketua DPRD Tondi MG Nasution beserta Forkopimda saat launching Call Center MC 112.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan dalam rangka memberikan kemudahan dan pelayanan maksimal kepada masyarakat Bumi Sai Wawai yang membutuhkan khususnya kegawatdaruratan melalui layanan terintegrasi.

 

Hal ini dikatakan Wali Kota Metro Wahdi saat memberikan sambutan pada peluncuran Call Center Metro Ceria (MC) 112 bebas biaya usai Upacara HUT ke-86 Kota Metro pada tanggal 9 juni tahun 2023 di Lapangan Stadion Tejosari Kota Metro.

 

Launching Pelayanan Kegawatdaruratan Call Center MC 112 ditujukan untuk memaksimalkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya yang bersifat kegawatdaruratan melalui layanan yang terintegrasi,” jelas Wahdi.

 

Wali Kota Metro Wahdi, Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman beserta Forkopimda saat Peluncuran Call Center MC 112

 

Dalam hal ini, Wahdi berharap layanan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan kepada OPD yang terlibat dalam memberikan layanan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat.

 

Untuk diketahui, Peluncuran Call Center MC 112 tersebut dengan dilakukan tekan tombo dan sirene serta pelepasan balon ke langit, tanda program sudah bisa dirasakan masyarakat Metro. Dihadiri Ketua DPRD Metro, Tondy MG Nasution, Wakil Wali Kota Metro Qomaru, Seluruh Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah, Ormas hingga Organisasi Wanita.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Metro, Subehi menyampaikan pelayanan MC 112 ini merupakan salah satu program Wali Kota Metro dimana diantara programnya ialah merealisasikan Kota Metro menjadi Smart City.

 

Dikatakannya, salah satu penunjang Smart city itu, Kota Metro harus sudah dapat menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan SPBE.

 

Jadi ini merupakan salah satu Quick Win kita tahun ini, karena berdasarkan data terakhir kita lolos Asessment pada tahapan Smart Goverment yang merupakan indikator menjadi Smart City,” terangnya usai meninjau Call Center MC 112 yang berada di gedung PSC Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Kamis (8/6/2023).

 

Pada program Wali Kota juga ia meminta segala sesuatunya itu sudah melalui digital atau IOT (Internet Of Think),” sambungnya.

 

Wali Kota Metro Wahdi bersama General Manager Digital Sandi Informasi, Hary Fridayanti saat acara peluncuran Call Center MC 112

 

Selain itu, pada MC112 ini telah terdapat berbagai pelayanan darurat untuk masyarakat Metro dan bebas biaya pulsa atau Gratis.

 

Jadi, pelayanan darurat yang diberikan melalui Call Center kita ini meliputi pelayanan kegawatdaruratan pada kecelakaan, kebakaran, bencana alam, kerusuhan, gangguan keamanan, kesehatan/medis dan lain-lain,” ungkapnya.

 

Selain Gratis, Call Center MC 112 ini juga menyuguhkan berbagai kemudahan bagi masyarakat, diantaranya masyarakat dapat menghubunginya meski tanpa membuka kunci handphonenya.

 

Karena dalam keadaan darurat, terkadang kan kita ada yang tidak membawa handphone ataupun tidak memiliki handphone bisa meminjam milik orang lain, dan itu sudah terdapat di menu panggilan darurat di layar kunci handphonenya itu,” paparnya.

 

Tak hanya itu, MC 112 ini juga bekerja sama dengan berbagai provider yang ada, sehingga dapat menerima panggilan darurat hingga 10 pemanggil secara bersamaan.

 

Jadi ini memang siap menerima keadaan darurat apabila dialami oleh masyarakat, tanpa khawatir panggilannya akan terpental apabila bersamaan dengan pemanggil lainnya,” imbuhnya.

 

Sementara, penyedia jasa yang sudah bekerjasama dengan Kementerian Kominfo yaitu General Manager Digital Sandi Informasi, Hary Fridayanti mengapresiasi Kota Metro dimana menurutnya Kota Metro merupakan pertama yang dapat langsung terintegrasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

 

Sehingga dapat memaksimalkan pelayanan daripada Call Center 112 itu nantinya.

Jadi biasanya di Call Takker atau si penerima panggilan itu kalau di daerah lain hanya berasal dari Dinas Kominfo saja, Namun saya salut dengan yang ada di Metro ini sudah melibatkan OPD yang terlibat dalam kedaruratan itu,” terangnya.

 

Meski bukan yang pertama melaunching di Indonesia, Namun Metro merupakan Kabupaten ke 3 di Lampung yang akan melaunching Call Center ini dengan nama MC 112.

 

Kalau yang terdaftar secara nasional di Kemenkominfo itu Metro masuk urutan ke 109, tapi untuk di Provinsi Lampung masuk urutan ke tiga,” paparnya.

 

Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Metro ini begitu peduli untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat,” pungkasnya.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email