Beranda Kota Metro Wali Kota Wahdi Pimpin Rakor Penanganan Dampak Kebakaran Pabrik PT.SJIM

Wali Kota Wahdi Pimpin Rakor Penanganan Dampak Kebakaran Pabrik PT.SJIM

101
BERBAGI

Foto : Wali Kota Wahdi memberikan arahan saat memimpin rapat koordinasi penanganan dampak kebakaran Pabrik PT. SJIM.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wali Kota Metro Wahdi memimpin langsung rapat koordinasi khusus penanganan dampak kebakaran Pabrik PT. SJIM. Dalam rapat tersebut Wahdi memberikan beberapa arahan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait penanganan dampak kebakaran gudang kernel pabrik CPO milik PT SJIM tersebut.

 

Sebagai Kepala Daerah, dirinya tentu mempunyai rasa tanggung jawab untuk melindungi keselamatan masyarakatnya.

Rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman yang dimandatkan selaku koordinator tim penanganan dampak kebakaran atau sebagai koordinator di lapangan, juga dihadiri oleh Kepala OPD terkait.

 

Beberapa arahan tersebut antara lain:

1. Dinas Kesehatan untuk terus melakukan Home Care atau pelayanan medis dengan menerjunkan tim medis kepada masyarakat sekitar pabrik, termasuk kepada karyawan dan petugas pemadam.

2. Dinas Lingkungan Hidup agar memastikan kondisi udara dan air di sekitar pabrik dengan kondisi baik melalui pemeriksaan laboratorium.

3. Dinas Sosial agar menjamin pihak perusahaan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat bila ada dampak lanjutan.

4. Dinas KP3 memastikan kondisi baik terkait makhluk hidup sekitar wilayah pabrik, seperti pertanian maupun perikanan.

5. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama Camat dan lurah dapat membantu memediasi pihak perusahaan dan karyawan agar menjamin pekerjaan terhadap karyawan yang dirumahkan selama renovasi pabrik yang terbakar.

 

Dalam hal ini, Wahdi memberikan beberapa rekomendasi kepada pihak perusahaan agar memperhatikan hal-hal yang bersifat penting, diantaranya, memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), menyiapkan Racun Api atau Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) Mobile, hingga membuat Hydrant yang mudah terjangkau dan digunakan saat terjadi kebakaran.

 

Selain itu, Wahdi mengapresiasi kinerja tim yang sudah bekerja secara baik dan maksimal saat penanganan kebakaran, juga atas penanganan dampak bencana kebakaran yang telah dilakukan.

 

Tak lupa pula pada kesempatan rapat tersebut Wahdi mengucapkan terimakasih atas kerjasama Kabupaten Lamteng, Lamtim,Lamsel, Bandar Lampung dan pihak Bandara Raden Inten II yg telah menurunkan tim Damkarnya. Ini membuktikan kekompakan dan kerjasama yg baik antar daerah di Lampung.

 

Arahan Wali Kota ini, diberikan dalam rapat bersama tim koordinasi di Kantor Wali Kota Metro, Selasa 8 Agustus 2023. Selain dihadiri oleh Wakil Walikota Metro, juga dihadiri oleh Sekda Kota Metro, Asisten II, Kadis Kesehatan, Kadis LH, Kadis Sosial, Kadis Nakertrans, Kadis Kominfo, Kadis KP3, Kepala BPBD, Kabid Damkar mewakili Kasat Pol-PP, Camat Metro Utara dan Lurah Banjarsari.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email