Beranda Kota Metro Satlantas Polres Metro Intensif Berikan Teguran Dan Himbauan Truk ODOL

Satlantas Polres Metro Intensif Berikan Teguran Dan Himbauan Truk ODOL

89
BERBAGI

Foto : Satlantas Polres Metro Intensif Berikan Teguran dan Himbauan Truk ODOL.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, mewujudkan sinergitas dengan masyarakat, Satuan Lalulintas Polres Metro melaksanakan patroli dan himbauan Kamseltibcar serta teguran dalam rangka Operasi Zebra Krakatau 2023.

 

Dalam Operasi Zebra kali ini, Satlantas Polres Metro disebut tidak mengedepankan tindakan berupa penilangan. Penilangan merupakan langkah terakhir yang akan dilakukan dalam operasi kali ini. “Kalau masih bisa diberikan teguran, tidak akan kami tilang,” ujar Kasat Lantas Polres Metro AKP Rezki Parsinovandi S.IK saat di temui di ruangannya. Kamis 07/09/2023.

 

Pada kegiatan patroli tersebut Personel Sat Lantas Polres Metro mendapati kendaraan angkutan barang yang melebihi dimensi dan melebihi kapasitas atau over-dimension dan overload (ODOL) yang melintas di jalur di wilayah hukum Polres Metro.

 

Kasat Lantas mengatakan, teguran dan himbauan kendaraan angkutan barang over-dimension dan overload terus dilakukan karena melanggar aturan lalu lintas dan juga membahayakan keselamatan karena berisiko kecelakaan, bahkan yang fatal membahayakan pengendara lainnya.

 

Kendaraan bermuatan berlebih sangat membahayakan dan cenderung menjadi faktor penyebab kecelakaan dan sulit dikendalikan seperti ditikungan atau ketika rem mendadak sering terjadi blong karena beban muatan melebihi batas kemampuan kendaraan,” katanya.

 

Sebelum memberikan teguran, kita mensosialisasikan larangan kendaraan truk atau angkutan barang yang melebihi dimensi dan melebihi kapasitas dengan memasang spanduk di sejumlah titik jalan raya,” lanjutnya.

 

Kasat mengingatkan, agar setiap pengendara selalu mentaati peraturan lalu lintas dan mengutamakan faktor safety atau keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Seringkali kecelakaan diawali oleh pelanggaran termasuk soal muatan ini.

Kami mengimbau untuk menjadikan tertib berlalu lintas sebagai budaya dan keselamatan sebagai kebutuhan,” pungkasnya.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email