Beranda Kesehatan BPJS Keliling Sapa Masyarakat Desa Sidoharjo

BPJS Keliling Sapa Masyarakat Desa Sidoharjo

201
BERBAGI

Foto : BPJS Kesehatan Keliling perluas jangkauan pelayanan di Balai Desa Sidoharjo.


Time7Newss.com, Lampung Tengah.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus memperluas jangkauan pelayanannya melalui program BPJS Keliling di Balai Desa Sidoharjo, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang akan mengurus administrasi kepesertaan JKN, Jumat (15/09).

Pembukaan layanan administrasi BPJS Kesehatan di Balai Desa Sidoharjo ini merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk mendekatkan diri dengan peserta di daerah-daerah yang lokasinya jauh dari Kantor BPJS Kesehatan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Metro, Wahyudi Putra Pujianto menyampaikan apresiasi terhadap antusias masyarakat yang hadir,

Kami sangat senang dapat membuka layanan administrasi di Balai Desa Sidoharjo. Ini adalah langkah nyata kami untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi peserta kami di daerah ini. Sekarang mereka bisa mendapatkan pelayanan administrasi seperti pendaftaran, perubahan data, dan informasi lainnya dengan lebih mudah dan cepat”, ujar Wahyudi.

Kegiatan BPJS Keliling ini juga diikuti dengan sosialisasi kepada masyarakat setempat mengenai manfaat dan kewajiban sebagai peserta BPJS Kesehatan. Selain itu, Petugas BPJS Kesehatan juga menyampaikan tata cara penggunaan Aplikasi Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) kepada pengunjung dengan harapan agar aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Penggunaan Aplikasi Mobile JKN oleh peserta JKN dan masyarakat sangatlah penting, mengingat banyak sekali informasi yang terdapat di aplikasi tersebut,” ungkap Wahyudi.

Lebih lanjut wahyudi menjelaskan layanan digital bagi peserta JKN sangat efektif karena dapat meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan aksesibilitas dalam mengakses jaminan kesehatan. Hal ini membantu menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi peserta dan berkontribusi pada tujuan penyediaan layanan kesehatan yang lebih inklusif dan efektif di Indonesia.

Untuk layanan PANDAWA, dapat diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Peserta cukup mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp 08118165165 yang sudah disediakan, kemudian peserta dihubungi dan dilayani sesuai kebutuhan administrasinya.

Siti Rahma (42), seorang peserta BPJS Kesehatan yang tinggal di Sidoharjo menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan atas hadirnya pogram BPJS Keliling.

Ini adalah kabar baik bagi kami yang selama ini perlu menempuh jarak yang cukup jauh ke Kantor BPJS kesehatan. Sekarang kami bisa lebih mudah mengurus semuanya, terima kasih BPJS Kesehatan”, ujar Siti.

Tadi pegawai BPJS Kesehatan yang turut hadir juga memandu kami untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN sampai pada registrasinya. Kami diperkenalkan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Yang menarik perhatian saya adalah fitur antrean online, karena kita bisa mengambil nomor antrean sejak masih di rumah, jadi tidak perlu lagi antre lama. Ada beberapa hal ingin saya tanyakan terkait Program JKN, salah satunya adalah tata cara mendaftar Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). Menurut saya hal tersebut sangat membantu peserta JKN yang ingin melunasi tunggakkan dengan cara mencicil,” ungkapnya.

Lanjutnya, Siti mengakui sebelumnya sudah pernah memanfaatkan layanan adminstrasi tanpa tatap muka dengan menghubungi PANDAWA guna memperbaharui data domisili.

Menurutnya, memasuki satu dekade penyelenggaran Program JKN, telah banyak respon positif yang diberikan oleh masyarakat mengenai Program JKN, antara lain pengalaman mereka dalam mendapatkan layanan kesehatan yang lebih mudah, praktis dan perlakuan yang setara.

Dengan adanya PANDAWA, dapat membantu kami untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan tanpa harus repot antre di kantor. Sehingga memudahkan kami untuk mengakses informasi dan layanan kesehatan dari mana saja, kapan saja. Ini sangat menguntungkan bagi peserta yang tinggal di daerah terpencil atau sulit dijangkau,” katanya.

 

Time7Newss.com (Red/be)

 

 

Print Friendly, PDF & Email