Beranda Advetorial SDN 11 Metro Pusat Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

SDN 11 Metro Pusat Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

178
BERBAGI

Foto : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya saat menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional kepada kepala UPTD SDN 11 Metro Pusat Yuliana.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Kepala UPTD SDN 11 Metro Pusat Yuliana,S.Pd,.M.Pd mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Metro dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan dukungan sehingga meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional.

Hal ini dikatakan Yuliana saat diwawancarai time7newss.com, Jum’at (20/10/2023), Yuliana menuturkan diraihnya penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional bukan hanya mengejar piala atau penghargaan tetapi lebih kita tanamkan kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam 29 indikator yang harus terus dilakukan secara berkesinambungan.

Iya tentunya harus ada perencanaan,kita lihat lagi kurikulumnya dalam pelajarannya bagaimana investasinya yang berhubungan dengan program budaya lingkungan hidup sekolah,” ucapnya.

Yulina menjelaskan, ada 29 indikator yang terus kita lakukan, maka ada tim perencanaan, tim pelaksanaan dan tim evaluasi yang berkolaborasi antara satu dengan lainnya.

Kita juga kerjasama dengan bapak ibu wali murid, komite khususnya kita selalu kerjasama dalam hal-hal pemanfaatan lingkungan yang juga dari masyarakat inovasi-inovasi yang dimunculkan sekolah, sosialisasi juga dengan masyarakat terutama di sekitar sekolah“.

Alhamdulillah kemarin itu ada 5 inovasi kita seperti manfaat pembelajaran inovasi anak-anak yang mana memanfaatkan lahan sekolah yang bisa dibuat minuman obat,” ujar Yuliana.

 

Kepala UPTD SDN 11 Metro Pusat Yuliana bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Ardah pada acara penganugrahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

 

Masih disampaikan Yuliana, penghargaan yang diraih merupakan kerja keras dan ikhlas dari semua guru-guru, komite sekolah dan juga orang tua wali murid.

Terimakasih kepada Pemerintah Kota Metro, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Komite, orang tua wali murid dan semua yang telah berperan memberikan motivasi dan mendukung saya, bahkan Provinsi Lampung yang juga memberikan motivasi serta teman-teman semua sehingga sampai saya bisa meraih penghargaan tingkat nasional,” tutur Yuliana.

Untuk diketahui, Hari Selasa, 17 Oktober 2023, menjadi momen bersejarah bagi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 Metro Pusat, yang menerima penghargaan prestisius dalam kompetisi Sekolah Adiwiyata Nasional.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, kepada Kepala UPTD SDN 11 Metro Pusat, Yuliana,S.Pd.,M.Pd dalam sebuah upacara yang meriah dan penuh makna berlangsung di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta.

Penghargaan ini menjadi pengakuan atas dedikasi dan komitmen kuat SDN 11 Metro Pusat, dalam mengintegrasikan pendidikan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan ke dalam kurikulum mereka.

Dalam momen yang bersejarah ini, Yuliana, Kepala Sekolah SDN 11 Metro, didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Ardah, SE, MAP, menerima penghargaan dari Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan penuh semangat dan apresiasi terhadap upaya sekolah dalam melestarikan lingkungan dan memberikan pendidikan yang berkelanjutan.

Dalam pidatonya, Menteri Siti Nurbaya menyampaikan, ucapkan selamat kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan kepada 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional,” ucap Siti di auditorium gedung Manggala Wanabakti KLHK, Selasa (17/10/2023).

Penghargaan Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang digelar oleh KLHK. Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata juga menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia.

Praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup yang dilaksanakan di sekolah dan sekitar sekolah dalam rangka GPBLHS akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya dan akan berdampak pada daerah setempat sehingga bisa kita dapatkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat,” kata Siti Nurbaya.

Selanjutnya, Yuliana, Kepala Sekolah SDN 11 Metro, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan ini.

Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi seluruh warga sekolah, termasuk guru, siswa, serta komite sekolah. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi yang mendukung keberlanjutan dan melestarikan lingkungan,” kata Yuliana.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Ardah bersama Kepala UPTD SDN 11 Metro Pusat pada acara penganugrahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan, Ardah, SE, MAP., sangat mengapresiasi atas pretasi yang diperoleh oleh SDN 11 Metro Pusat yang telah berhasil menerapkan berbagai program berkelanjutan.

SDN 11 Metro Pusat melakukan program yang melibatkan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, pengelolaan sampah yang bijak, penanaman taman lingkungan yang hijau, serta integrasi mata pelajaran lingkungan ke dalam kurikulum sekolah,” terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan hidup juga berharap bahwa penghargaan ini menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Kota Metro untuk mengikuti jejak SDN 11 Metro Pusat dalam mendukung pelestarian lingkungan dan pendidikan berkelanjutan.

Semoga prestasi ini akan membawa perubahan positif yang lebih besar bagi masa depan dan generasi mendatang, menjadikan Kota Metro menjadi lebih bersih, indah, nyaman dan berkelanjutan,” pungkasnya.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email