Beranda Bandar Lampung Kota Metro Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Kota Metro Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

128
BERBAGI

Foto : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Kantor Wilayah Kementerian  Hukum dan HAM Lampung memberikan penghargaan Kota Peduli HAM kepada 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, termasuk Kota Metro. Acara digelar Pukul 19.00 WIB bertempat di Mahan Agung Bandar Lampung, Jumat 22 Desember 2023.

Kota Peduli HAM (Hak Asasi Manusia) adalah konsep di mana sebuah kota berkomitmen untuk melindungi dan memajukan hak asasi manusia bagi semua penduduknya. Ini mencakup berbagai upaya untuk memastikan bahwa semua orang memiliki akses yang sama terhadap keadilan, pendidikan, perumahan, kesehatan, pekerjaan, dan hak-hak lain yang mendasar. Kota peduli hak asasi manusia juga bekerja untuk melawan diskriminasi rasial, gender, agama, atau latar belakang lainnya, serta memastikan perlindungan bagi kelompok rentan seperti anak-anak, migran, orang cacat, dan lansia.

Kota-kota yang mengadopsi konsep ini seringkali memiliki kebijakan dan program yang dirancang untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan berkelanjutan bagi semua warganya. Misalnya, mereka bisa memiliki lembaga perlindungan hak asasi manusia, Pemerintah kota yang responsif, dan program pelatihan di bidang toleransi dan multikulturalisme. Mereka juga mungkin bekerja sama dengan LSM dan kelompok masyarakat untuk memastikan bahwa hak asasi manusia dihormati dan dilindungi. Konsep kota peduli hak asasi manusia memperluas pemahaman kita tentang pentingnya hak asasi manusia di tingkat lokal, dan bagaimana upaya kota dapat berperan dalam menciptakan masyarakat yang adil dan beradab.

Mewakili Wali Kota Metro, penghargaan diterima oleh Sekda Kota Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo, M.T. Acara diawali sambutan dari Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Sorta Limban Tobing, SH, MH.

Selanjutnya Gubernur Lampung Arinal Junaidi memberikan sambutan sekaligus menyerahkan Piagam Penghargaan untuk Kabupaten dan Kota penerima penghargaan.

Dalam Sambutannya, Gubernur Lampung meminta agar kabupaten dan Kota penerima penghargaan dapat terus menjaga keperdulian terhadap Hak Asasi Manusia karena itu merupakan bagian dari pelayanan kita sebagai pemerintah.

Atas nama Pemerintah Kots Metro, Sekda Kota Metro mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya atas penghargaan ini. Bangkit juga menjelaskan, Pemkot Metro akan terus berkomitmen dalam menjaga hak-hak asasi bagi masyarakat di Bumi Sai Wawai.

Terimakasih banyak kepada Gubernur Lampung dan Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung atas penghargaan ini. Kami juga berterimakasih kepada Forkopimda, DPRD, serta seluruh lapisan masyarakat yang bersama-sama mewujudkan pemenuhan HAM di Kota Metro,” kata Bangkit.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email
error: Content is protected !!