Beranda Advetorial Pemkot Metro Raih Sertifikat Penghargaan Adipura

Pemkot Metro Raih Sertifikat Penghargaan Adipura

121
BERBAGI

Foto :  Wali Kota Metro diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ardah, S.E., M.AP. saat menerima Sertifikat Penghargaan Adipura.


Time7Newss.com, Jakarta.

Pemerintah Kota Metro berhasil meraih sertifikat Adipura untuk kategori Kota Sedang tahun 2024. Perolehan sertifikat ini diyakini merupakan pijakan awal Kota Metro untuk memperoleh Piala Adipura ke depannya.

Wali Kota Metro, dr. Wahdi berpendapat, bahwa perolehan ini harus disyukuri, namun yang paling penting adalah tingkat partisipasi masyarakat yang harus lebih ditingkatkan.

Sertifikat ini tentunya penting, tetapi yang lebih penting, bagaimana menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu rumah,” kata Wahdi.

Menurut Wahdi, siapapun pemimpin Kota Metro ke depannya Piala Adipura harus diraih, karena pemerintahan sifatnya adalah estafet yang artinya berkelanjutan.

Siapapun pemimpinnya, Kota Metro harus memiliki benchmarking sehingga keberlanjutan capaian-capaian ke depannya mampu diraih. Tentunya perlu menumbuhkan tingkat partisipasi masyarakat,” kata Wahdi.

Menurut dr. Wahdi, tahun 2025 Kota Metro ditargetkan memiliki pusat daur ulang (PDU) di setiap Kecamatan, karena PDU ini diyakini akan menunjang Kota Metro memiliki lingkungan yang bersih dan sehat. Untuk diketahui, saat ini Kota Metro baru memiliki 2 PDU yang tersebar di 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Metro Selatan dan Kecamatan Metro Utara.

Penghargaan berupa penganugerahan sertifikat Adipura ini tentunya menjadi lambang semangat baru untuk senantiasa meningkatkan kinerja sistem pengelolaan sampah yang lebih ramah lingkungan di masa-masa mendatang. Mengingat sejak tahun 2013 yang lalu, penghargaan ini tak lagi didapatkan oleh Kota Metro. Bukan hanya itu saja, ini juga sebuah tonggak baru model partisipasi, kontribusi, kolaborasi dan kemitraan dalam menunjang keberhasilan pencapaian target pengelolaan sampah mendatang.

 

Wali Kota Metro diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ardah, S.E., M.AP. saat menerima Sertifikat Penghargaan Adipura.

 

Penyerahan penghargaan diselenggarakan di Auditorium Doktor Sudjarwo Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada hari Selasa, 05 Maret 2024. Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Maruf Amin. Sementara itu, untuk menerima penghargaan Adipura tersebut, mewakili Kota Metro, atas nama Wali Kota Metro, dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ardah, S.E., M.AP.

Terima kasih kepada jajaran pimpinan Pemerintah Kota, masyarakat, seluruh OPD, dan seluruh pihak yang tak lelah bekerjasama dalam mengelola sampah. Penghargaan ini untuk kita semua dan semoga menjadi cambuk penyemangat agar bisa jauh lebih baik lagi di masa-masa mendatang”, kata Ardah.

Menurut Ardah, keterlibatan swasta dalam perolehan sertifikat ini patut diapresiasi.

Perusahaan swasta ada yang melaksanakan program CSR dan peta jalan pengurangan sampah oleh produsen, selain itu apresiasi juga Bank Sampah yang dikelola bersama oleh PKK Kota, Kecamatan, Kelurahan, Dasawisma. Sekali lagi, terima kasih banyak kepada semua pihak yang tak bisa disebutkan satu persatu,” kata Ardah.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email