Beranda Lampung Antisipasi Fenomena Perang Sarung, Babinsa Koramil 411-15/KR Dan Bhabinkamtibmas Polsek Kalirejo Lakukan...

Antisipasi Fenomena Perang Sarung, Babinsa Koramil 411-15/KR Dan Bhabinkamtibmas Polsek Kalirejo Lakukan Penyuluhan 

69
BERBAGI

Foto : Babinsa Koramil 411-15/KR dan Bhabinkamtibmas Polsek Kalirejo saat penyuluhan dan sosialisasi antisipasi fenomena perang sarung.


Time7Newss.com, Lampung Tengah.

Dalam rangka mencegah terjadinya aksi perang sarung di kalangan pelajar yang akhir-akhir ini berkembang di wilayah Provinsi Lampung, Babinsa Koramil 411-15/Kalirejo Kodim 0411/KM Sertu Een Setiyono bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kalirejo Polres Lamteng Aiptu Eko Winarno melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi guna pencegahan munculnya kenakalan remaja terkait dengan maraknya aksi tawuran di bulan Ramadhan yang lebih dikenal dengan sebutan Perang Sarung bertempat di Halaman SMP N II Sendang Agung Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Senin (25/03/24)

Perang sarung itu sendiri adalah sebuah jenis tawuran yang memakai alat berupa kain sarung yang diikat pada bagian ujungnya dan diisi dengan bahan keras seperti batu, gir motor ataupun senjata tajam. Dan perang sarung itu biasanya dilakukan pada bulan Ramadan saja.

Sebenarnya perang sarung ini pada awalnya hanyalah permainan saling gebuk menggunakan sarung dengan ujung yang diikat menyerupai simpul ke tubuh lawannya secara bergantian. Saat lawan memukul, pemain lainnya menangkis dengan sarung. Permainan tersebut berakhir kala salah satu pemain ada yang mengangkat tangan tanda menyerah atau sarungnya terjatuh. Masing-masing kubu harus menghentikan permainan, jika lawan ada yang sudah menyerah. Namun dalam perkembangannya perang sarung ini berubah menjadi sejenis tawuran yang berbahaya, bahkan tercatat sudah mulai menelan adanya korban.

Dihadapan sejumlah 393 Siswa-siswi SMPN II Sendang Agung, dalam imbauannya Bhabinkamtibmas Polsek Kalirejo memberikan materi tentang berbagai macam bahaya kenakalan remaja, penanganan serta pencegahan kenakalan remaja.

Sementara itu Babinsa Koramil 411-15/Kalirejo menambahkan pembinaan dengan cara lebih mengedepankan Komsos dan berinteraksi bersama para pelajar, “Pada bulan yang mulia ini, adik-adik sekalian mendapatkan kesempatan untuk menabung banyak pahala, mulai dari berpuasa, ibadah ataupun kegiatan-kegiatan positif lainnya, pulang tarawih lebih baik segera kembali ke rumah, hindari berkumpul dengan kawan-kawan apabila tidak ada agenda kegiatan yang jelas,” ucap Sertu Een.

Kepala Sekolah SMP N II Sendang Agung, Edi Hariyanto,S.Pd,M.M. menyambut baik pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalirejo,

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kehadirannya, yang mana telah memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada anak didik kami, semoga dengan adanya penyuluhan ini maka kesadaran untuk menjauhi aktifitas negatif yang mengarah kepada kenakalan remaja khususnya perang sarung yang lagi trend bisa kita hindari,” ucapnya.

Terlihat ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Guru BK SMP N II Sendang Agung diantaranya Mujiono,S.Pd., Ngatiana Ningsih,S.Pd. dan Binti Munawaroh,S.Pd.

 

Time7Newss.com (DL).

 

 

Print Friendly, PDF & Email