Beranda Advetorial Dinas Perhubungan Kota Metro Adakan Lomba Pelopor Keselamatan Lalu lintas

Dinas Perhubungan Kota Metro Adakan Lomba Pelopor Keselamatan Lalu lintas

145
BERBAGI

Foto : Asisten II Yeri Ehwan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro, Helmy Zain bersama perwakilan siswa-siswi SMA/SMK se-Kota Metro kegiatan lomba pelopor keselamatan lalu lintas.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wali Kota Metro diwakili Asisten II  Yeri Ehwan mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas tahun 2024 yang memiliki nilai manfaat untuk mengedukasi pelajar khususnya di Kota Metro tentang bagaimana pentingnya keselamatan lalu lintas.

Hal ini diungkapkan Yeri Ehwan saat Pembukaan kegiatan Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas yang diselenggarakan di Hotel Grand Skuntum Kota Metro, Rabu (15/05/2024).

Dalam hal ini, Yeri Ehwan menekankan bahwa dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009 telah diamanatkan bahwa upaya peningkatan tertib berlalu lintas di jalan membutuhkan kerjasama dan koordinasi yang baik, antara Instansi yang terkait dalam penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan serta seluruh stakeholder terkait, termasuk pengguna jalan.

Tanpa adanya kerja sama yang baik dari seluruh pihak, maka untuk mewujudkan transportasi yang aman, selamat, tertib dan lancar itu akan sulit terwujud. Menumbuhkan kesadaran berlalu lintas sejak usia remaja sangatlah penting karena merupakan landasan dari pembangunan karakter para pemuda bangsa ke depan khususnya di Kota Metro dalam rangka mengawal program mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang,“ ungkapnya.

 

Asisten Pemkot Metro, Yeri Ehwan

 

Harapannya, melalui kegiatan ini para peserta lomba dapat memahami apa arti berlalu lintas yang baik dan dapat menjadi tauladan serta memberikan contoh kepada orang-orang terdekatnya, terutama dilingkungan sekolahnya masing-masing dan meningkatkan kesadaran transportasi dalam berkendaraan di jalan dalam kaitannya dengan tertib berlalu lintas.

Pemerintah Kota Metro berharap seluruhnya kita semuanya, khususnya para pelajar dan dapat memahami apa arti berlalu lintas yang baik dan tertib sesuai kaidah yang ada. Serta selanjutnya dapat menjadi tauladan baik bagi keluarga nya, lingkungan sekolahnya, maupun di masyarakat secara luas dan dapat membagikan pengalamannya terkait dengan keselamatan lalu lintas di lingkungan sekolah dan di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Selain itu, dapat membawa dampak positif dalam perkembangan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan serta menyebarluaskan arti pentingnya menanamkan selanjutnya dapat budaya tertib berlalu lintas kepada masyarakat khususnya pelajar sebagai forum diskusi untuk meningkatkan pemahaman pelajar berlalu lintas.

Diharapkan adik-adik yang mengikuti kegiatan ini betul-betul bisa menjadi tauladan bagi kawan-kawannya, tentu juga adik-adik sendiri bisa memenuhi ketentuan yang ada,” ujarnya.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro, Helmy Zain

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro, Helmy Zain, melaporkan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas 2024 yang mencakup beberapa peraturan dan keputusan sebagai acuan.

Dasar pelaksanaan adalah Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang-Undang Kementerian Perhubungan No. 52 tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Kepada Pelopor Keselamatan Lalu Lintas, dan Surat Keputusan Wali kota Metro No. 165/KPTS/D-12/2024 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana, Tim Penilaian Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Narasumber Kegiatan Belajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Kota Metro Tahun 2024,” ujarnya.

Adapun, Tujuan pelaksanaan kegiatan Pelajar Pelopor Lalu Lintas Keselamatan Kota Metro Tahun 2024, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal berlalu lintas di jalan. Menggerakkan inovasi-inovasi bagi para pelajar tentang keselamatan berlalu lintas, dan menjadikan pelajar sebagai Duta Keselamatan Lalu Lintas Kota Metro.

Peserta kegiatan Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas yang diadakan selama 2 hari di Hotel Grand Skuntum diikuti sebanyak 20 orang yang berasal dari SMA dan SMK di Kota Metro. Sebelumnya peserta ini sudah melalui seleksi dengan metode kegiatan yang dilakukan seperti penyusunan makalah singkat atau karya ilmiah, dan kemudian dipresentasikan oleh masing-masing peserta di depan dewan juri,“ paparnya.

Kegiatan Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi Kota Metro ke 87 tersebut juga memberikan nilai tambahan bagi masing-masing peserta yang mempunyai bakat lebih pada bidang seni, kemampuan bahasa asing dan lainnya.

Pemenang lomba juara I dan II nantinya akan menjadi perwakilan resmi dari Kota Metro dalam kompetisi di tingkat Provinsi Lampung dan bersaing dengan daerah lainnya untuk ikut perlombaan selanjutnya di tingkat nasional,“ tuturnya.

Helmy Zain mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, perwakilan dari Kota Metro, yaitu Adam dari SMK 3 berhasil meraih prestasi dan mendapatkan juara I tingkat nasional Kategori Teknologi.

Mudah-mudahan tahun ini adik-adik berikutnya bisa lebih, minimal lebih baik dari prestasi yang sudah kita capai di tahun sebelumnya. Harapannya para pelajar ini dapat menjadi contoh tauladan bagi teman-temannya di sekolah dalam rangka tertib lalu lintas di jalan,” ungkapnya.

 

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email