Beranda Advetorial Wakil Wali Kota Qomaru Pimpin Apel Pelepasan Petugas Pemeriksa Hewan Qurban

Wakil Wali Kota Qomaru Pimpin Apel Pelepasan Petugas Pemeriksa Hewan Qurban

111
BERBAGI

Foto : Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman saat memberikan sambutan pada apel pelepasan petugas pemeriksa kesehatan hewan qurban Idul Adha 1444 H.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wakil Wali Kota Metro pimpin Apel Pelepasan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban, sekaligus Launching Gelar Pangan Murah Serentak Nasional Gertapaga di Kota Metro, yang berlangsung di Lapangan Banjarsari, Metro Utara, Senin (26/06/2023).

 

Dalam hal ini, Wakil Wali Kota kota Metro Qomaru Zaman mengungkapkan bahwa kegiatan hari ini merupakan kegiatan gerakan awal yang dilakukan Pemerintah Kota Metro untuk membantu kebutuhan masyarakat pada pelaksanaan Idul Adha 1444 H dalam penyembelihan hewan kurban sesuai dengan yang sudah dilaporkan oleh Kepala DKP3 Kota Metro ada sekitar 81 persen yang sudah selesai sembuh dan sisanya masih dalam proses perawatan.

 

Kita melakukan penguatan disemua segmen pelayanan termasuk kesehatan, penguatan ekonomi, pendidikan dan lain-lain. Hari ini merupakan penguatan dalam kesejahteraan masyarakat, termasuk layanan menjelang idul adha dengan melepas beberapa tim untuk pengawasan terhadap hewan-hewan kurban yang akan di sembelih pada hari raya besok,” ungkapnya.

 

Keberhasilan kota metro dalam pengendalian inflasi luar biasa yaitu 3,4 persen dibawah nasional merupakan sebuah keberhasilan yang didapatkan berkat kebersamaan dan kekuatan semua instansi untuk terlibat, termasuk BULOG Kota Metro.

 

Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim saya lepas tim pengawasan hewan kurban tahun 2023/1444 H secara resmi,” ucapnya.

 

Apel Pelepasan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban, sekaligus Launching Gelar Pangan Murah Serentak Nasional Gertapaga di Kota Metro.

 

Dikesempatan ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Heri Wiratno, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka mendukung keterjangkauan dan stabilitas komoditi strategis bahan pangan masyarakat.

 

Melalui pemeriksaan AnteMortem (sebelum disembelih) dan PostMortem (setelah disembelih) terhadap hewan kurban dengan memastikan bahwa proses pemotongan dan penanganan produk memenuhi persyaratan berikut, yaitu aspek halal, aspek kesejahteraan, Aspek kesehatan masyarakat veteriner (kesmavet).

 

Aspek kehalalan pada proses penyembelihan sesuai syariat islam. Aspek kesejahteraan hewan yaitu segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan menurut ukuran perilaku alami hewan yang perlu diterapkan. Aspek kesehatan masyarakat veteriner (kesmavet) yaitu memenuhi standar, higiene sanitasi pada saat penanganan produk hewan (daging) sampai dengan proses pendistribusian/pembagian daging qurban,” jelas Herry Wiratno.

 

Oleh karena itu, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro yang memiliki tugas dan fungsi dalam hal menjamin keamanan pangan asal hewan yang beredar khususnya di Kota Metro. Pihaknya juga akan melakukan upaya-upaya penjaminan pelaksanaan pemotongan hingga pendistribusian daging kurban yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH) di Kota Metro terlebihnya di Hari Raya Idul Adha tahun 2023.

 

Antara lain yaitu menerbitkan dan mengedarkan Surat Sekretaris Daerah Kota Metro No. 524/783/D.09/04/2023 tanggal 20 Juni 2023 Perihal Peningkatan Kewaspadaan Penyakit Hewan Menular dan zoonosis pada hewan/ternak, dalam rangka Idul Adha 1444 H yang diperuntukkan bagi panitia-panitia masjid se-Kota Metro. Hal ini didalamnya mencakup tata cara pemotongan hewan kurban yang ASUH dan sesuai syariat islam sebagaimana juga diatur oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI),” jelasnya.

 

Kepala DKP3 Kota Metro, Heri Wiratno

 

Selain itu, Lanjutnya, Berkoordinasi dengan Asosiasi Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) untuk melibatkan para dokter hewan anggota PDHI Cabang Lampung dalam pelaksanaan pengawasan pemotongan hewan kurban di Kota Metro Tahun 2023 dengan Surat Sekretaris Daerah Kota Metro No. 524/783/D.09/04/2023 tanggal 20 Juni 2023 Perihal Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Tahun 2023, membentuk Tim Pengawasan Pemotongan Hewan Kurban Kota Metro Tahun 2023 dengan Surat Perintah Tugas Sekretaris daerah Kota Metro No. 800/ 50/SPT/D.9/0.4/2023 Tanggal 19 Juni 2023.

 

Tim terdiri dari tenaga teknis yaitu dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro sebanyak 9 orang, Paramedik Veteriner sebanyak 8 orang, Penyuluh Pertanian dan Sarjana Peternakan sebanyak 40 orang, dokter hewan dari PDHI sebanyak 6 orang dan Relawan yang terdiri dari relawan desa tiap-tiap kelurahan sebanyak 30 orang serta relawan yang merupakan siswa-siswi dari SMK N 4 Kota Metro sebanyak 8 orang, sehingga jumlah keseluruhan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban sebanyak 101 orang petugas,” paparnya.

 

Pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban dilaksanakan pada tanggal 28 sampai 29 Juni 2023 diseluruh titik pemotongan di Kota Metro. Titik pemotongan hewan kurban di Kota Metro diperkirakan melebihi 350 titik lokasi.

 

Kita juga melaksanakan koordinasi dan pembekalan petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban pada tanggal 22 Juni 2023 bertempat di Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro,” ungkapnya.

 

Sehubungan dengan wabah Penyakit Kulit Berbenjol (Lumpy Skin Disease/LSD) dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Herry Wiratno menyampaikan bahwa saat ini sebanyak 398 ekor sapi terinfeksi LSD dengan jumlah sembuh 323 ekor, sehingga masih tersisa 63 ekor (tingkat kesembuhan 81%) dalam masa penyembuhan, sedangkan pada Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah dinyatakan zero case sejak tanggal 29 Juli 2022.

 

Namun meskipun wabah LSD telah melandai dan wabah PMK sudah tidak ditemukan lagi di Kota Metro kewaspadaan terhadap penyakit-penyakit tersebut harus tetap diperhatikan. Oleh karena itu pemeriksaan antemortem (pemeriksaan sebelum hewan disembelih) dan pemeriksaan postmortem (pemeriksaan organ-organ setelah hewan disembelih) harus dilakukan dengan teliti sesuai keilmuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para petugas,” jelasnya.

 

Launching GPM Serentak Nasional menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H dalam rangka mendukung keterjangkauan dan stabilitas komoditi strategis bahan pangan bagi masyarakat khususnya Kota Metro secara online oleh Kepala Badan Pangan Nasional yang dihadiri/dibuka Gubernur/Bupati/Walikota/Sekda/Kepala Dinas. Launching GPM Serentak Nasional di Kota Metro diikuti oleh stakeholder pangan BULOG, Asosiasi Pinsar Petelur Nasional Lampung, LUPM/TTI, Distributor, Petani dan pelaku usaha lainnya.

 

Tak hanya itu, DKP3 Kota Metro melakukan penguatan gerakan menanam dengan membagikan bibit cabe ke LLI Metro Utara dan masyarakat sebanyak 2.000 batang bibit cabe, melalui program Gertapaga dan melepas Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban sebanyak 101 orang petugas yang dilaksanakan pada tanggal 28 sampai 29 Juni 2023 diseluruh titik pemotongan di Kota Metro yang diperkirakan lebih dari 350 titik lokasi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Qomaru Zaman, Forkompimda Kota Metro, Asisten II Setda Pemkot Metro Yeri Ehwan, Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno,
Kepala Dinas Kominfo Subehi dan Kepala OPD Pemkot Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email