Beranda Kota Metro Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Di Polres Metro

Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Di Polres Metro

98
BERBAGI

Foto : Tim Puslitbang Polri lakukan penelitian di Polres Metro, Evaluasi Kualitas Dan Kuantitas Bangunan Rumah Dinas Guna Pemenuhan Kesejahteraan Personel Polri.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Tim Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan kegiatan penelitian tentang Kualitas dan kuantitas bangunan rumah dinas di Polres Metro, Selasa (10/10/2023).

Tim peneliti di pimpin oleh Kombes Pol Syahrial M. Said, S.I.K., selaku Ketua Tim dengan anggota Kompol Septi Astuti, S.T., M.A., AKP Annisaa Yusuf, S.T.K., S.I.K. didampingi oleh Konsultan dari BRIN Drs. Ary Wahyono, M.Si dan diikuti oleh Wakapolres Metro Kompol Maryadi S.H, M.H serta para pejabat utama dan personil Polres Metro yang telah di sprintkan.

Dalam sambutannya Wakapolres Metro mengucapkan “Terima kasih atas kunjungan dan penelitiannya di Polres Metro. Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan anggota.”

Sambutan dilanjutkan oleh Kombes Pol Syahrial M. Said, S.I.K. yang mengatakan, ”Kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas Kapolri yang sudah mencanangkan dalam konsep transformasi menuju Polri yang presisi melalui aspek reformasi organisasi yaitu menjadikan SDM Polri yang unggul di Era Police 4.0 dimana salah satu target prioritasnya adalah peningkatan jumlah rumah dinas (Rumdin) untuk personel Polri.”

Menurut data dari Asisten Logistik Kapolri bahwa jumlah personel Polri yang sudah memiliki rumah dinas sebesar 17 % oleh karena itu maka tahun ini akan dibangun rumah dinas Polri dengan total Anggaran Rp. 1,3 triliun. Angka tersebut, mencukupi untuk membangun sekitar 3.500 rumah dinas.

Beberapa satuan kewilayahan sudah dilakukan pembangunan rumah dinas antara lain seperti; 1. Polda Jawa Barat, tepatnya di Polres Karawang telah dilakukan pembangunan rumah dinas, 2. Polda Kalbar telah dilakukan pembangunan rumah dinas satbrimob kalbar sebanyak 264 unit rumah diatas tanah seluas 5,2 hektar, dan 3. Polres Manggarai Barat mulai membangun rumah dinas khusus anggota Polri yang bertugas di Polsek Komodo.

Dengan latar belakang di atas dan melihat kondisi empirik tersebut, maka Puslitbang Polri memandang perlu untuk melakukan penelitian “Evaluasi Kuantitas dan Kualitas Bangunan Rumah Dinas Guna Pemenuhan Kesejahteraan Personel Polri“. di 10 (sepuluh) Polda yang menjadi sampel penelitian. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah; 1) Untuk melakukan evaluasi peningkatan kuantitas bangunan rumah dinas di lingkungan Polri, 2) Untuk melakukan evaluasi kondisi fisik bangunan rumah dinas di lingkungan Polri, 3) Untuk melakukan evaluasi kualitas bangunan rumah dinas di lingkungan Polri yang meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.

Selanjutnya Kombes Pol Syahrial menuturkan tujuan penelitian ini antara lain mencari data untuk menentukan indeks peningkatan kuantitas bangunan rumah dinas di lingkungan Polri. Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk evaluasi kondisi fisik bangunan serta kualitas bangunan rumah dinas di lingkungan Polri.

Kami harapkan rekan-rekan dalam pengisian kuisioner nanti sampaikan apa adanya dalam artian sesuai dengan apa yang rekan-rekan ketahui,” Tutupnya.

Dalam penelitian ini Tim Puslitbang Polri menggunakan metode kuisioner secara online menggunakan smartphone kepada masing-masing responden dan Focus Group Discussion serta wawancara secara terstruktur kepada para personel Polres Metro.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email