Beranda Advetorial Pemerintah Kota Metro Gelar Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat

Pemerintah Kota Metro Gelar Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat

101
BERBAGI

Foto : Bimtek Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Metro di Aula Kecamatan Metro Selatan.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Asisten II Kota Metro membuka Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Metro Tahun Anggaran 2023, berlangsung di Aula Kecamatan Metro Selatan, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan tersebut, menghadirkan 3 Narasumber yaitu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, serta Sekretaris Dinas Kominfo Kota Metro.

 

Asisten II Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Metro Ir. Yeri Ehwan, MT

 

Dalam hal ini, Asisten II Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Metro Ir. Yeri Ehwan, MT, mengatakan atas nama Pemerintah Kota Metro menyampaikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro, yang telah memfasilitasi terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Metro, khususnya di Kecamatan Metro Selatan.

Perkembangan teknologi di Bidang Informasi dan Komunikasi saat ini yang begitu pesat, serta teknologi dan inovasi yang terus bergerak begitu dinamis, membuat akses ke belahan dunia lain dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu mendorong munculnya perubahan dan pergeseran penggunaan media tradisional menjadi media berbasis digital,”ujarnya.

Menurutnya, beragamnya perkembangan teknologi tersebut menjadi sebuah tantangan bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai forum pemberdayaan masyarakat.

Harapannya, nanti KIM dapat berperan untuk menjadi mitra Pemerintah Kota Metro dalam proses penyebarluasan informasi pembangunan sekaligus sebagai basis untuk mengcounter dampak negatif dari media sosial dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapannya.

Adanya KIM di tingkat Kelurahan maupun Kecamatan juga bisa dijadikan wahana untuk anggota KIM, untuk dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berdiskusi dan saling berkoordinasi.

 

Staf Ahli Wali Kota Metro Bidang I Kemasyarakatan dan SDM Dr. Silfia Naharani Wahdi, Sp.KKlp, MM

 

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Metro Bidang I Kemasyarakatan dan SDM Dr. Silfia Naharani Wahdi, Sp.KKlp, MM sebagai narasumber memaparkan bahwa dibentuknya KIM sebagai mitra Pemerintah Kota Metro, juga berfungsi untuk mengakses informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun tidak langsung.

Karena KIM merupakan penyambung informasi tentang program-program yang ada di Pemerintah Kota Metro sampai pada tingkat bawah. Begitupun sebaliknya, mereka (Diskominfo) sebagai leading sektor KIM harus menginformasikan hal-hal yang ada di bawah kepada Pemerintah Kota Metro,” ungkapnya.

Silfia Naharani Wahdi juga meminta kepada seluruh Kelompok Informasi Masyarakat, agar dapat berkomitmen mewujudkan Kota Metro menjadi Smart City atau Kota Cerdas yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari.

 

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro Yudha Yunianto, S.IP.

 

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro Yudha Yunianto, S.IP. menjelaskan tujuan dari dibentuknya KIM adalah untuk mendorong tumbuh dan kembangnya KIM secara mandiri sebagai wahana informasi dalam masyarakat.

Selain itu, meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dan antar pemerintah dengan masyarakat.

Meningkatkan kemampuan anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses, serta mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi,” tuturnya.

Selain itu, Yudha Yunianto, berharap setelah berakhirnya bimtek kelompok informasi masyarakat yang dilakukan di 5 Kecamatan di Kota Metro, masing-masing kelurahan dapat membentuk Kelompok Informasi Masyarakat yang tertuang dalam SK (Surat Keputusan) dari masing-masing Lurah.

Selanjutnya, nanti juga akan di bentuk Kelompok Informasi Masyarakat di tingkat Kecamatan yang di bentuk melalui SK dari masing-masing Camat yang anggota bisa dari berbagai unsur seperti Kelompok Tani Wanita (KWT), Karang Taruna, Kader Posyandu, Kelompok Seni Budaya, UMKM dan Lain-lain,” jelasnya.

Adapun dalam pemberdayaannya KIM juga akan diarahkan untuk mengunakan teknologi informasi dalam mengakses informasi yang dalam implementasinya akan disesuaikan dengan kemampuan menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, atau ketersediaan infrastuktur dilingkungan KIM berada.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email