Beranda Advetorial Yosomulyo Paparkan Potensi Keunggulan Pada Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro

Yosomulyo Paparkan Potensi Keunggulan Pada Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro

105
BERBAGI

Foto : Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Pemerintah Kota Metro kembali lanjutkan Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro Tahun 2024 bersama TP-PKK Kota Metro di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Selasa (23/04/2024)

Dengan tema Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa atau Kelurahan yang Berkualitas diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik di masyarakat. Dimana kelurahan sebagai wilayah administrasi di bawah kecamatan dan berhadapan langsung dengan masyarakat di perlukan kualitas SDM yang berkualitas, inovatif, dan kreatif dan mengelola sumber daya yang ada untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Supriyadi.

Pada penilaian, Supriyadi sendiri turun langsung ke lapangan untuk membuktikan kebenaran yang ada di lapangan dalam penilaian, sehingga tidak adanya manipulasi nilai kedepannya.

Kami datang kesini ingin membuktikan dari hasil laporan yang disampaikan dari Lurah setempat, dengan turun ke lapangan mengecek apa betul tidak yang disampaikan secara administrasi,” tegasnya.

 

Foto : Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro.

 

Dalam lomba ini, Supriyadi juga berharap para tim penilaian dapat hadir semua dan mengecek setiap kenyataan yang ada di Lapangan.

Sementara dalam penilaian lomba kali ini terdiri dari tiga indikator, yaitu bidang pemerintahan, bidang kebudayaan kelurahan dan bidang masyarakat kelurahan,” paparnya.

Di kesempatan yang sama, Lurah Yosomulyo, Eko Triono menjelaskan berbagai potensi yang dimiliki Kelurahan Yosomulyo. Salah satunya di bidang sosial kemasyarakatan dengan dimulai adanya upaya gotong royong.

Alhamdulillah di Kelurahan Yosomulyo gotong royong nya masih kental dengan adanya berbagai macam penduduk yang berasal dari berbagai suku. Selain itu, di bidang Kamtibmas juga terdapat budaya ronda siskamling dengan total 27 pos ronda yang tersebar di 15 RW, polisi RW, Satpol PP, dan Satlinmas,“ katanya.

Pada tahun ini juga, Eko mengatakan bahwa Kelurahan Yosomulyo ditetapkan sebagai Kampung Bersinar, bersih dari narkoba. Tak hanya itu, adanya potensi di bidang Literasi salah satunya dengan Perpustakaan Kelurahan Yosomulyo sebagai salah satu Pilot Project Perpustakaan TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial) yang berhasil meraih juara 3 Lomba Perpustakaan se Kota Metro.

Dengan TPBIS diharapkan juga warga Kelurahan Yosomulyo dapat menjadi masyarakat yang melek literasi. Pada bidang kesehatan masyarakat terdapat home care, mulai dari pimpinan tinggi Kota Metro, Bapak Wali Kota beserta Wakil, Ibu Ketua TP PKK, Bu Camat, Lurah, beserta PKK, kader Dasawisma, Kader PKK berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Metro dan diwakili oleh UPTD Puskesmas Yosomulyo,” paparnya.

 

Lurah Yosomulyo, Eko Triono

 

Ia juga menekankan bahwasannya pihaknya selalu siap dan sigap memberikan pelayanan prima melaksanakan home care bagi masyarakat yang mengalami musibah, sakit ataupun bantuan bantuan yang lain terkait kondisi Kesehatan.

Lanjutnya, di bidang kesehatan masyarakat juga terdapat program GELIAT (Gerakan Lingkungan Sehat), Posyandu ILP Dahlia III, Pos GENZI (Gerakan Sadar Gizi) yang bekerja sama dengan AIMI dan Yayasan Dompet Duafa Lampung.

Untuk sekolah Lansia Yosomulyo dibentuk sebagai satu upaya kepedulian terhadap para Lansia, agar dapat menikmati usia di hari tua dengan produktif. Lalu, di bidang potensi kelestarian lingkungan hidup terdapat kegiatan ARSETI (Arisan Sedot Tinja) yang dilaksanakan oleh ibu ibu PKK dan Dasawisma, adanya P4S METRO LESTARI (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya), Kampung lebah dan Bank Sampah Unit Yosomulyo ASSRI,” jelasnya.

Diakhir laporan, Lurah Yosomulyo ini juga menyinggung terkait bidang UP2K dan UMKM yang cukup banyak ragam dan potensi yang dimiliki.

Hasil-hasil dari UMKM ini diantaranya, keripik singkong dan Klanting, tusuk gigi, rengginang, usaha kue kering dan kue basah, makanan olahan kue basah serta makanan olahan yang khas seperti pempek Palembang dan gudeg Jogja.Tak sampai di sana, masih banyak lagi potensi yang dimiliki kelurahan Yosomulyo di bidang lain seperti bidang kesenian dan kebudayaan, bidang ekonomi kreatif, bidang pertanian dan peternakan, serta program PKK,” paparnya di penghujung lomba.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email