Beranda Advetorial DKP3 Metro Fasilitasi Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban ASUH Dan JULEHA

DKP3 Metro Fasilitasi Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban ASUH Dan JULEHA

99
BERBAGI

Foto : Kepala DKP3 Kota Metro, Hery Wiratno saat kegiatan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) oleh DPD Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metro.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Kepala DKP3 Kota Metro, Hery Wiratno, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPD Juleha Kota Metro, telah memilih UPTD Rumah Potong Hewan dan Laboratorium Kesmavet sebagai tempat untuk menyelenggarakan pelatihan Juleha.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro saat membuka kegiatan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) oleh DPD Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metro, berlangsung di UPTD Rumah Potong Hewan dan Laboratorium Kesmavet Kota Metro, Minggu (05/05/2024).

Sekali lagi terima kasih atas kepercayaan telah diberikan oleh Bapak Wahyudi kepada LPH Kota Metro sebagai tempat penyelenggaraan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban yang peserta tidak hanya dari Metro, juga dihadiri dari Lampung Timur, Lampung Tengah dan Lampung Selatan,” tuturnya.

Selain itu, Hery Wiratno juga memberikan peringatan bahwa pentingnya menjaga keamanan, kebersihan, dan kehalalan makanan yang di konsumsi oleh tubuh, karena sebagian besar makanan yang masuk ke dalam tubuh kita yaitu sekitar 99,90%, dapat memiliki dampak pada kesehatan kita jika tidak dikelola dengan baik.

 

Kepala DKP3 Kota Metro, Hery Wiratno

 

Terlebih, tuntutan terkait dengan persyaratan izin sertifikasi halal telah di tekankan oleh pemerintah pada bulan Oktober 2024 bahwa segala proses itu harus ada sertifikasi halal,” tegasnya.

Untuk itu, Kota Metro sebagai salah satu kota di Provinsi Lampung, dituntut harus menjadi contoh yang mencerminkan dari pola perilaku masyarakat, perilaku pendidikan dan lain-lain dengan memenuhi kaidah-kaidah dan ketentuan yang berlaku, baik secara syariah maupun secara hukum dan keilmuan.

Saya berharap bapak-ibu dapat memperhatikan secara detail bagaimana cara-caranya, bagaimana prosedurnya karena itu sangat penting. Karena daging yang kita konsumsi 80 persen ada kandungan air yang merupakan sarana dari perkembangbiakan dari seluruh bakteri yang ada,” pesannya.

 

Ketua DPD Juleha Kota Metro, Wahyudi

 

Sementara itu, Ketua DPD Juleha Kota Metro, Wahyudi, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas KP3 Kota Metro yang telah memberikan sarana dan prasarana di tempat UPTD Rumah Potong Hewan dan Laboratorium Kesmavet, sebagai tempat melaksanakan kegiatan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban yang pertama kali di Kota Metro.

Kami juga ucapkan terima kasih kepada bapak DPW Juleha Lampung yang telah menghadiri kegiatan ini, wabil khusus kepada bapak-ibu peserta Juleha,” ucapnya.

Dalam laporannya, Wahyudi menyampaikan bahwa anggaran yang digunakan dalam kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 70 peserta, merupakan anggaran mandiri yang didapatkan dari sumbangan para peserta pelatihan penyembelihan hewan kurban.

Maksud dan tujuan adalah untuk memberikan edukasi bersama-sama untuk belajar agar bisa menghasilkan sesuatu pengalaman baru buat kita, sehingga nanti ilmu yang di dapat bisa digunakan bukan hanya pada Hari Raya Qurban, tetapi juga keluarga dan masyarakat,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga ditujukan untuk para pengusaha di sektor makanan, minuman, penyembelihan atau produk-produk lain yang dikonsumsi oleh umat Muslim yang dituntut untuk memiliki sertifikat halal sebagai bukti bahwa produk tersebut telah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan dalam agama Islam.

Menanggapi seperti itu, kami DPD Juleha ibarat gayung bersambut, untuk mensukseskan program pemerintah. Harapannya kedepan, Pemerintah Kota Metro melalui kepala Dinas KP3 dapat terus memberikan dukungan dan support terhadap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DPD Juleha Kota Metro,” katanya.

Diselenggarakan kegiatan pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban tersebut, Dengan harapan, kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Juleha dapat sejalan dengan program-program pemerintah yang mungkin efektif lebih besar, sehingga apa yang diprogramkan oleh pemerintah itu bisa berjalan.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email