Beranda Life style Ekonomi Wali Kota Wahdi : Peran Masyarakat Miliki Fungsi Evaluasi dan Kontroling

Wali Kota Wahdi : Peran Masyarakat Miliki Fungsi Evaluasi dan Kontroling

132
BERBAGI

Foto : Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin didampingi Camat Metro Utara.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wali Kota Metro dr.Wahdi,Sp.OG (K) mengharapkan pembangunan prioritas secara berkelanjutan dengan perencanaan penganggaran dan pelaksanaan melalui kajian antara pemerintah dan masyarakat akan memunculkan tata laksana proses pembangunan yang baik.

 

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin saat diwawancarai time7newss.com, usai menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Tahun 2022 bertempat di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara, Senin (07/02/2022).

 

Musrenbang Kelurahan Tahun 2022 di Aula Kantor Kelurahan Banjarsari Metro Utara

Musrenbang tahun 2022 ada usulan prioritas dari masyarakat yang menjadi proses pelaksanaan pembangunan kedepannya di Kelurahan Banjarsari pada tahun 2023,” jelasnya

 

Diungkapkan Wahdi, ia menjelaskan berjalan pelaksanaan pembangunan ada peran serta masyarakat sebagai fungsi evaluasi dan kontroling.

 

Maka dari itu, Penatausahaan Pemerintah dan Masyarakat akan muncul dengan baik, berjalan serta dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat,” tutur Wahdi.

 

Selain itu, Dikatakan Wahdi pelaksanaan pembangunan yang mengikut sertakan partisipasi pihak swasta/pengusaha dalam pembangunan daerah untuk kepentingan masyarakat.

 

Menjadi Kajian teknokratisnya dengan perencanaan penganggaran bersumber dari pengusaha, Tentunya boleh dan penting menggerakkan hal tersebut bentuk partisipasi peran serta dalam pembangunan daerah untuk kepentingan masyarakat selanjutnya melalui pemberdayaan kegiatan dan penggiat dengan proses pembangunan yang diperlukan dari sudut terendah dapat digerakkan melibatkan unsur swasta,” jelas Wahdi.

 

Masih disampaikan Wali Kota Wahdi, ia menuturkan ada prioritas pada Musrenbang kelurahan Banjarsari yaitu mengusulkan pembangunan gedung Kantor Kelurahan.

 

Ini dikaji, apabila memungkinkan akan dilakukan relokasi atau dibangun kembali, saya harapkan di tahun 2023 bisa terlaksana, Untuk tahun ini dikarenakan Refocussing pembangunan gedung kantor kelurahan hanya bisa dilaksanakan dua kelurahan, Seluruh kelurahan di Kota Metro mengharapkan sumberdaya dan sarana prasarana menjadi baik, memang harus ada kerja kerja yang kita lakukan untuk masyarakat dalam pembangunan fisik infrastruktur dan lingkungan, ini harus berkelanjutan,” terang Wahdi.

 

Musrenbang Kelurahan Banjarsari tahun 2022 dengan mengsung tema “Meningkatkan Kesejahteraan dan daya saing masyarakat melalui pembangunan yang merata dan berkeadilan”.

 

Sementara itu, Ditempat yang sama Lurah Banjarsari Erwin Syarief,SE,. Saat diwawancarai time7newss.com, ia mengatakan sesuai tema Musrenbang prioritas fisik yang diusulkan untuk berkeadilannya dikarenakan kelurahan Banjarsari lebih luas dari beberapa kelurahan.

 

Lurah Banjarsari, Erwin Syarief

 

Pada Musrenbang ini, dimana sesuai tema untuk pembangunan berkeadilannya wajar apabila mengajukan usulan prioritas dikarenakan luas kelurahan Banjarsari lebih luas dari beberapa kelurahan diwilayah kecamatan Metro Utara, namun kita tetap ikuti standar usulan prioritas seperti bidang fisik 3 prioritas, bidang sosial budaya 3 prioritas dan ekonomi juga 3 prioritas,” jelasnya.

 

Dikatakan Erwin, ia menyebutkan kondisi realitas di kelurahan Banjarsari masih ada persoalan ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Apabila orientasinya kesejahteraan, ini harus dibenahi dulu, data penduduk ada 7,39 persen yang perlu perhatian dan ada 19 persen sudah tercover oleh program Pemerintah seperti PKH, BLT, Bantuan sembako yang mengcover kerawanan sosial dan harus menyentuh kearah situ apabila disesuaikan dengan tema Musrenbang,” ucapnya.

 

Lebih lanjut, Erwin menjelaskan ada potensi ekonomi apabila dilakukan stimulan akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dibeberapa tempat di kelurahan Banjarsari.

 

Banjarsari bisa didorong menjadi kelurahan atau kampung kriya yang penuh dengan pengrajin, seperti di RW 2 ada sanggar Wisnu pengrajin patung, pengrajin sulam tapis dan ada pengrajin batik tulis Naya,” terangnya.

 

Sedangkan di RW 3 sedang kita persiapkan menjadi kampung edukasi batik, disana ada pengrajin canting batik metro milik ibu Rahayu Budiardi, kita harapkan ada transformasi manfaat keuntungan yang selama ini didapatkan dapat ditularkan kepada warga sekitar, hal ini apabila menjadi destinasi wisata edukasi batik akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkap Erwin.

 

Dikatakan Erwin, Hal ini memerlukan koordinasi bersama OPD-OPD teknis bisa bekerjasama mewujudkan kampung edukasi batik.

 

Tadi sudah koordinasi dengan dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata direncanakan bulan oktober akan ada event festival batik, maka tepat apabila dilaksanakan di RW 3 kampung edukasi canting batik metro akan dipersiapkan untuk lokasi festival tersebut,” ucapnya.

 

Diharapkan Lurah Banjarsari, pihaknya mengharapkan ada progres pencapaian hasil pembangunan dari Musrenbang kelurahan setiap tahunnya.

 

Musrenbang ini agenda rutin tahunan dan harus ada progres pencapaiannya, seperti tahun ini kesejahteraan ekonomi sosial masyarakat, evaluasi realisasi data Musrenbang dengan data fisik Pembangunan, Untuk tahun ini terbaik dari progres realisasinya banyak di bidang sosial budaya (Sosbud), bagus juga fokus pada kesejahteraan masyarakat, adanya evaluasi progres pembangunan sangat bagus untuk menghindari miskomunikasi antar OPD,” ungkapnya.

 

Lanjutnya, Disebutkan Erwin ditahun 2021 ada keterlambatan penyerapan proses pelaksanaan pembangunan seperti drainase.

 

Hal ini untuk menghindari miskomunikasi antar OPD, Seperti ditahun 2021 pembangunan drainase seharusnya dikerjakan Pokmas justru dikerjakan oleh OPD teknis. Untuk pembangunan drainase ini sumberdaya anggarannya ada dari dana kelurahan, dari Dinas Perkim dan Dinas PU. Musrenbang ini menjadi sarana yang baik untuk berkomunikasi menghindari miskomunikasi dalam pelaksanaan pembangunannya,” pungkas Lurah Banjarsari Erwin.

 

Musrenbang Kelurahan tahun 2022 di kelurahan Banjarsari dihadiri Wali Kota Metro Wahdi, Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman, Wakil Ketua DPRD Khuseini, Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Kepala OPD/Badan/ Instansi/Satker, Camat Metro Utara, Wilastri, Lurah Banjarsari Erwin Syarief, RT, RW, LPM, Karang Taruna, Kader Posyandu, perwakilan warga.

 

Time7Newss.com (Enda/ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email