Beranda Kota Metro Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro di Kelurahan Hadimulyo Barat

Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro di Kelurahan Hadimulyo Barat

103
BERBAGI

Foto : Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro di Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Ketua TP-PKK Kota Metro, Silfia Naharani bersama Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Komarudin, melakukan penilaian di Lomba Kelurahan di Hadimulyo Barat, yang bertempat di Aula setempat, Jumat (20/05/2022).

 

Ketua TP.PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi

 

Lurah Hadimulyo Barat, Dalam penyampainya mengatakan bahwa Kelurahan Hadimulyo Barat memiliki beberapa Inovasi Program Pelayanan dan Pengaduan, yang lebih efektif untuk masyarakat. Langkah tersebut sejalan dengan inovasi yang dimiliki Ketua TP. PKK.

 

Program inovasi ini yaitu HALBAR PRIMA DILAN (HAdimuLyo BARat Partisipatif, Responsif, Inisiatif, MAju Disabilitas dan Lansia)  Program ini lah yang merupakan layanan komunikasi untuk para disabilitas, agar lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan di Kelurahan Hadimulyo Barat,”terangnya.

 

Kegiatan Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro di Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat

 

Tidak hanya itu saja, beliau juga memaparkan bahwa Kelurahan Hadimulyo Barat, memiliki beberapa potensi diantaranya potensi pertanian dan potensi ekonomi yaitu KWT Sedulur Makmur, Kerajinan Tangan Wulandari Handmade, dan yang terakhir Metro Garden.

 

Sementara itu, Ditempat yang sama, Silfia Naharani memaparkan bahwa sesuai dengan tema bahwa “Terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman dan bertakwa menuju Indonesia maju ditahun 2024”. Maka dari itu menciptakan masyarakat yang sehat merupakan hal yang sangat penting, untuk itu maka kita telah merealisasikan home care di setiap kelurahan.

 

Kita bisa lihat seperti dalam bidang kebersihan dan pengolahan sampah juga ada. Seperti Bank Sampah dengan prinsip 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle,” ujar Silfia.

 

Kegiatan Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro di selenggarakan secara rutin setiap tahun yang nantinya akan mewakili Kota Metro pada lomba kelurahan Tingkat Provinsi Lampung.

 

Hal ini dijelaskan Sekretaris Tim Penilaian Lomba Kelurahan, Komarudin yang juga selaku Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Metro.

 

Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro di Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat

 

Ia menuturkan, “Kegiatan Lomba Kelurahan dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai bentuk evaluasi dari Pemerintah serta memberikan motivasi dan mendorong Kelurahan agar berinovasi meningkatkan kemampuan memberikan pelayanan terbaik dalam hal administrasi pemerintahan melalui teknologi informasi dan lain sebagainya,” ucap Komarudin.

 

Selain itu, Komarudin juga menjelaskan pasca pandemi Covid-19 diharapkan melalui kegiatan lomba kelurahan Tingkat Kota Metro diharapkan kelurahan semakin tangguh untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar ekonomi bertumbuh sesuai dengan Tema Lomba Kelurahan yaitu “Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh”, 

 

Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 17 sampai dengan 23 dan hari ini yang ke 4 di kelurahan Hadimulyo Barat mewakili Kecamatan Metro Pusat dan yang terakhir di kelurahan Sumbersari perwakilan Kecamatan Metro Selatan, Untuk penilaian Lomba Kelurahan sebelumnya di Kelurahan Karangrejo Mewakili Kecamatan Metro Utara dan Kelurahan Tejoagung perwakilan Kecamatan Metro Timur dan Kelurahan Ganjar Agung mewakili Kecamatan Metro Barat,” jelasnya.

 

Masih dikatakan Komarudin, ia menyampaikan Tim penilai Lomba Kelurahan dibentuk berdasarkan SK Wali Kota  terdiri dari Ketua, Sekretaris, TP.PKK Kota Metro dan stakeholder yang membidangi dari setiap OPD dengan Juklak yang sudah ditetapkan Pemerintah Kota Metro dan Permendagri Nomor 81 tahun 2015.

 

Lomba Kelurahan dilaksanakan merujuk hal tersebut mulai dari pusat sampai tingkat bawah hal ini merupakan bentuk evaluasi dan pembinaan mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota hingga Kelurahan/Desa,” jelasnya.

 

Kami Tim Penilai dari Disnakertrans bertugas melakukan evaluasi kinerja dari pemerintah kelurahan dalam hal pemberdayaan masyarakat diantaranya LKK dengan membantu kelurahan untuk pemberdayaan masyarakat mulai dari RT, RW, PKK, Karang Taruna, Posyandu dan LPM, diharapkan LKK dapat berperan sebagai fungsinya sesuai amanat aturan yang sudah ditetapkan,” pungkas Komarudin.

 

Terlihat Hadir pada kegiatan lomba kelurahan tingkat Kota Metro tahun 2022 di Kelurahan Hadimulyo Barat tersebut, Ketua TP.PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi, Asisten I Setda Kota Metro Supriyadi, Kadisnakertrans Kota Metro Komaruddin, Camat Metro Pusat Yahya Rahmat, Para Lurah se-kecamatan Metro Pusat, Karang Taruna, TP.PKK Kelurahan, LPM, LLI Kecamatan Metro Pusat.

 

Time7Newss.com (Red).

 

Print Friendly, PDF & Email