Beranda Life style Ekonomi Panen Perdana Melon Inthanon Green House Darul A’mal Kota Metro

Panen Perdana Melon Inthanon Green House Darul A’mal Kota Metro

287
BERBAGI

Foto : Wali Kota Wahdi Siradjuddin didampingi Wahid Asngari perwakilan yayasan Darul A’mal, secara langsung panen perdana budidaya buah melon Green House Darul A’mal Kota Metro.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wali Kota Wahdi Siradjuddin menghadiri dan ikut secara langsung panen perdana buah melon Green House Darul A’mal,  “Melon Sultan, Sultannya Melon” oleh komunitas Santri Tani Milenial. Kegiatan panen buah melon berlangsung di Green House Darul A’mal Kota Metro, Selasa (26/7/2022)

 

Diketahui budidaya buah melon yang dipanen merupakan jenis melon Inthanon yang berasal dari Belanda. Pembudidayaan melon yang dilakukan oleh pihak Pesantren Darul A’mal tersebut, merupakan program kerjasama dengan Bank Indonesia untuk meningkatkan perekonomian pesantren dan masyarakat sekitar.

 

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin bersama Perwakilan Yayasan Darul A’mal Wahid Asngari dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Heri Wiratno

 

Dalam hal ini, Wali Kota Wahdi berharap, dengan adanya panen perdana Melon Inthanon dapat memberikan nilai-nilai kebaikan dan juga dapat meningkatkan program Metro Bangga Beli (MB2).

 

Semoga melalui panen perdana Green House Darul A’mal ini menghasilkan buah melon yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan perekonomian khususnya perekonomian pesantren,” jelasnya.

 

Lebih lanjut dikatakan Wahdi, dengan lahan yang terbatas, diharapkan panen perdana ini dapat meningkatkan program Metro Bangga Beli (MB2), sehingga dapat meningkatkan juga nilai perekonomian pada masyarakat.

 

Di Kota Metro sudah ada 14 pesantren yang telah melakukan kolaborasi bersama seperti ini. Pemerintah Kota Metro juga berterima kasih kepada Bank Indonesia (BI) sebagai pendamping dalam meningkatkan perekonomian pesantren dan masyarakat sekitar,” ungkapnya

 

Ketua Yayasan Darul A’mal Kota Metro Lampung H.Kudrotullah Sidiq khusnan,SH,.M.Pd saat menyampaikan sambutan diacara Panen Perdana Melon Intanon Green House

 

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Darul A’mal Kota Metro Lampung H.Kudrotullah Sidiq khusnan,SH,.M.Pd mengucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia atas kerjasama kemitraan dan pendampingan dalam rangka meningkatkan perekonomian pesantren melalui budidaya buah melon Inthanon Green House Darul A’mal yang hari ini telah panen perdana.

 

Terimakasih kepada Bank Indonesia atas kerjasama dalam rangka meningkatkan perekonomian pesantren dan masyarakat sekitar melalui pendampingan permodalan dalam bidang pertanian budidaya Melon Inthanon Green House yang hari ini telah dilaksanakan panen perdana,” ucapnya.

 

Mudah-mudahan keberadaan Green House Darul A’mal dapat membantu pemberdayaan peningkatan ekonomi pesantren dan masyarakat dengan melakukan inovasi-inovasi diberbagai aspek khususnya dibidang pertanian,” ungkap Kudrotullah Sidiq yang biasa disapa Gus Sodiq.

 

Ketua Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) Lampung Hasan, Errezha,

 

Sementara itu, Ketua Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) Hasan Errezha, menyampaikan, apresiasi atas panen perdana Melon Inthanon di Green House Darul A’mal.

 

Terimakasih kepada keluarga besar Darul A’mal dan BI Lampung pada panen perdana Melon Inthanon Green House. Darul A’mal salah satu Pondok Pesantren yang bekerjasama dengan BI Lampung,” semoga menjadi inkubator bisnis khususnya dibidang pertanian,”jelasnya.

 

Ketua Yayasan Darul A’mal Kudrotullah Sidiq, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Metro M.Yusuf, Perwakilan Bank Indonesia, Polinela dan Hebitren Lampung

 

Lanjut dikatakan Hasan, Ia mengharapkan kedepanya khususnya melalui bidang pertanian budidaya buah melon ini ekonomi pesantren mandiri dan berdaya saing dengan pendampingan oleh Bank Indonesia.

 

Khusus dilampung distribusi hasil pertanian bidang pertanian pesantren sudah ada pangsa pasarnya yaitu supermaket modern, dari pihak Hebitren siap membantu dalam mendistribusikan melon Inthanon, selamat atas panen perdana Melon Inthanon Green House Darul A’mal,” ucapnya.

 

Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Metro M.Yusuf, Perwakilan Bank Indonesia, dan Perwakilan Yayasan Darul A’mal Wahid Asngari pada acara Panen Perdana Melon Inthanon Green House

 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Metro, M Yusuf menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas kreatif dan inovatif gagasan budidaya Melon Inthanon Green House Darul A’mal.

 

“Sangat luar biasa prestasi yang diraih alumni Darul A’mal yang telah terkenal baik di tingkat provinsi dan nasional. Semoga melalui regenerasi menjadi lebih berprestasi dalam bidang akademik lainya,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, dikatakan M Yusuf atas nama pemerintah Kementerian agama bisa lebih berkiprah memajukan pesantren melalui kerjasama kemitraan bidang pertanian dan lainnya.

 

Hasil panen dari Melon sudah sangat terkenal khususnya di Kota Metro dan daerah lain, semoga bermanfaat dan menjadi kemandirian ekonomi pesantren,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Senada disampaikan Budiyono Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung dalam hal ini menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada mitra Bank Indonesia.

 

Kegiatan-kegiatan seperti ini kita support dan dukung, kita juga memerlukan mitra dalam peningkatan pengembangan ekonomi dimulai dari pesantren, apabila kemandirian pesantren terwujud insha Allah bisa meningkatkan perekonomian dilingkungan pesantren dan masyarakat,” pungkasnya.

 

Hadir pada pelaksanaan Panen Perdana Melon Inthanon Green House Darul A’mal tersebut, Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin, DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution, Ketua Yayasan Darul A’mal Kudrotullah Sidiq, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Metro M.Yusuf, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Polinela Lampung, Kepala Bappeda Kota Metro Anang Risgianto, Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno, dan tamu undangan.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email