Beranda Uncategorized Rakor Bulanan, Wali Kota Wahdi Minta Lakukan Cek Point Lalulintas Hewan

Rakor Bulanan, Wali Kota Wahdi Minta Lakukan Cek Point Lalulintas Hewan

9
BERBAGI

Foto : Pemkot Metro Menggelar Rakor Bulan September Tahun 2022.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Pemerintah Kota Metro menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pemerintah Kota Metro Bulan September Tahun 2022, berlangsung di Aula Pemkot Metro, Senin (05/09/2022).

 

Rakor Bulanan tersebut di moderatori oleh Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Dalam hal ini, Ia mengatakan kegiatan rakor bulan ini bermaksud untuk membahas kinerja yang akan dilakukan dalam satu bulan kedepannya.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Erla Andrianti, Dikesempatan ini, ia menyampaikan, sehubungan dengan perubahan musim penghujan, pencegahan dan pengendalian penyakit menular harus di tegakkan Terlebih pada musim hujan, biasanya akan diikuti dengan peningkatan kasus DBD.

 

Pemkot Metro Rakor Bulan September tahun 2022

 

Maka itu, kami telah membuat surat edaran untuk mengadakan “Gerakan Bulan Bakti Pemberantasan Sarang Nyamuk 3M-Plus” sesuai dengan surat edaran Walikota No: 30/SE/D-20 tanggal 26 Agustus 2022, tentang Gerakan Bulan Bakti Pemberantasan Sarang Nyamuk 3M-Plus. Ditambah peraturan Walikota Metro Nomor : 48 Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kota Metro, untuk penguatan dan penggerakan Germas di OPD, Pihak Swasta, Perguruan Tinggi dan Kecamatan se-Kota Metro,” jelas Erla.

 

Sementara itu, Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin, dalam Rakor menyampaikan apresiasi atas Capaian Input Data SPM pada Aplikasi Pelaporan SPM Kementerian Dalam Negeri. Dimana Kota Metro masuk dalam kategori hitam dengan rincian status penginputan data pada TW2 meliputi: Dinas Pendidikan 91,67 % (kategori hijau), Dinas Kesehatan 91,87% (kategori hijau), Dinas PUTR 91,67% (kategori hijau), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman 100% (kategori hijau); Satpol PP/BPBD 96,30% (kategori hijau), Dinas Sosial 50% (kategori kuning).

 

Bagian Pemerintahan diharapkan untuk selalu membantu berkoordinasi dengan 7 organisasi Perangkat Daerah pengampu secara berkala dan intensif untuk melakukan input data capaian SPM. Dan diharapkan kepada dinas-dinas terkait, untuk selalu menyampaikan laporan capaian SPM dan menginput data capaian SPM pada TW 3 dan TW 4 agar dipertahankan nilainya,” jelasnya.

 

Tidak hanya itu, Wahdi juga menyampaikan adanya ancaman penyakit zoonosis baru yaitu monkeypox, penyakit virus cacar yang dapat menular pada manusia yang berasal dari hewan antara lain monyet, tupai dan rodensia. Untuk saat ini pencegahan yang bisa dilakukan adalah mensosialisasikan kepada tenaga Kesehatan Hewan untuk mendeteksi tanda klinis penyakit monkeypox pada hewan.

 

Kita harus siap siaga untuk melakukan koordinasi dan pelaporan kepada Dinas terkait apabila ditemukan kasus pada hewan. Perlu adanya kerjasama dengan sektor kesehatan manusia dan sebaliknya, dalam bentuk pencegahan. Kita juga perlunya mempersiapkan cek point lalu lintas hewan di Kota Metro,” tegasnya.

 

Time7Newss.com (Red).

 

Print Friendly, PDF & Email