Beranda Nasional Jakarta Kota Metro Raih Penghargaan STBM Award

Kota Metro Raih Penghargaan STBM Award

161
BERBAGI

Foto : Wali Kota Metro Wahdi, Kepala Bappeda Anang Risgianto, Sekretaris Dinas kesehatan dr Ridho.


Time7Newss.com, Jakarta.

Kota Metro berhasil ditetapkan dan meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) tentang STBM award. STBM ini sendiri adalah singkatan dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, sejumlah Kabupaten/Kota diundang khusus dalam penghargaan ini.

 

Penghargaan tersebut diantaranya adalah sebagai;

  1. Kab/Kota STBM Berkelanjutan
  2. Kab/Kota Terbaik STBM Berkelanjutan katagori Supply Creation
  3. Kab/Kota Penerapan 5 Pilar STBM pada upaya percepatan implementasi 5 Pilar STBM tahun 2022

Penyerahan penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Metro, dr.H.Wahdi,Sp.OG(K),M.H di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Rabu 23 November 2022.

 

Pemberian penghargaan dilakukan secara hybrid melalui daring maupun luring.

Wali Kota Metro dr.H.Wahdi,Sp.OG(K) mengucapkan terimakasih kepada Kemenkes RI, ucapan terimakasihnya juga kepada seluruh elemen masyarakat Metro yang menjadi garda terdepan terhadap terciptanya STBM Award.

 

Untuk diketahui dalam melaksanakan STBM 5 Pilar di Kota Metro sendiri dengan pola kolaborasi, mulai dari tingkat RT, kemudian sinergi antara pihak swasta melalui forum CSR. Pemerintah Kota Metro juga sudah memiliki Perwali untuk mendukung program STBS.

 

Kebijakannya kita lakukan, Kebijakan Pembangunan Sanitasi, Inovasi Program Jama PAI, alokasi anggaran sanitasi, SK Wali kota tentang Pokja sanitasi dan Garda sanitasi, dukungan masyarakat, PKK, Dhasawisma, Karang Taruna, tokoh masyakrakat dan tokoh agama,” kata Wahdi.

 

Menurut Wahdi, pasca Program STBM juga dilakukan inovasi, mulai dari pengelolaan limbah tinja, adanya pengelolaan sampah, adanya Bank Sampah, peningkatan kapasitas masyarakat, peternakan ulat maggot dan lele dan masih banyak lagi. “Tentunya kata kuncinya adalah pemberdayaan,” ujar Wali Kota Metro.

 

Penyerahan penghargaan ini juga dalam Pada Hari Kesehatan Nasional Tahun 2022 ini, Kementerian Kesehatan mengangkat tema “BANGKIT INDONESIAKU SEHAT NEGERIKU”.

 

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini diharapkan dapat menjadi momentum pulihnya berbagai sektor kesehatan di masyarakat sehingga Indonesia sehat dan tangguh.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email