Beranda Kota Metro Bappeda Kota Metro Adakan Lomba Teknologi dan Inovasi (TTG)

Bappeda Kota Metro Adakan Lomba Teknologi dan Inovasi (TTG)

181
BERBAGI

Foto : Wali Kota Wahdi saat membuka Lomba Teknologi dan Inovasi (TTG) Kota Metro.


Time7Newsss.com, Kota Metro.

Wali Kota Metro Wahdi membuka Lomba Teknologi dan Inovasi (TTG) Kota Metro yang berlangsung di Halaman Parkir Rumah Asisten Wedana Kota Metro,Rabu (31/05/2023).

 

Wahdi dalam acara ini memberikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan kegiatan Teknologi dan Inovasi (TTG) Kota Metro merupakan ajang yang sangat positif.

 

Diungkapkannya dalam pelaksanaannya terdapat puluhan karya telah dihasilkan oleh para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, sebagai bentuk kreatifitas dalam merespon kebutuhan dan perkembangan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta merupakan agenda tahunan Bappeda Kota Metro. Hal ini bertujuan dalam rangka meningkatkan dan menumbuh-kembangkan ide-ide kreatif, inovatif serta memotivasi para generasi muda menjadi seorang inovator, guna menghasilkan inovasi teknologi terapan dalam menunjang pembangunan di Kota Metro melalui penemuan teknologi dan inovasi terapan berbasis potensi daerah.

 

Kreatifitas dan inovasi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat Kota Metro tersebut tentunya membuat kita semua bangga, karena mereka menjadi bukti bahwa para pelajar, mahasiswa dan masyarakat Kota Metro ternyata memiliki pemikiran serta karya-karya Ilmiah yang inovatif dan sungguh luar biasa,” kata Wahdi.

 

Wali Kota Wahdi saat Lomba Teknologi dan Inovasi (TTG) Kota Metro.

 

Wahdi juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi para peserta yang telah berkreasi, memodifikasi, dan berinovasi untuk membawa kehidupan masyarakat ke arah kesejahteraan yang sejalan dengan Visi Kota Metro “Terwujudnya Kota Berpendidikan, Sehat Sejahera dan Berbudaya”.

 

Saya mengharapkan pihak terkait dapat membantu mengembangkan produk yang dihasilkan mereka, dengan memberikan ruang dan kesempatan. Agar kelak nantinya memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian lokal masyarakat Kota Metro,” ungkapnya.

 

Lanjutnya, Wali Kota Metro minta kepada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Metro secara khusus, agar dapat mendukung dan menindaklanjuti output dari kegiatan ini, dengan tujuan menyempurnakan hasil karya peserta dan memasukkan nya kedalam sistem inovasi daerah melalui kegiatan di OPD masing-masing.

 

Dengan perkembangan era saat ini yaitu era teknologi, saya kira itu harus dimaknai dengan baik, untuk generasi kedepan. Supaya Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Metro dapat menumbuhkan hal-hal yang biak,” jelasnya.

 

Kepala Bappeda Kota Metro Anang Risgiyanto

 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Metro Anang Risgiyanto menuturkan bahwa Inovasi merupakan hal yang penting penting untuk menyikapi tuntutan pelayanan kepada masyarakat.

 

Pemerintah Daerah Kota Metro juga didorong untuk membudayakan semangat one agency one innovation (satu instansi satu inovasi). Selain itu, pelayanan publik yang berkualitas juga menjadi salah satu agenda reformasi birokrasi,” ujar Anang.

 

Tak hanya itu, Anang juga mengungkapkan Sistem Inovasi Daerah ini merupakan suatu bentuk cara pandang/pendekatan pembangunan daerah yang dilakukan secara sistematis, inovatif, holistik, berkelanjutan dengan lebih menekankan kerja kolaboratif antar stakeholders pembangunan daerah agar mencapai daya saing daerah sesuai potensi dan keunggulannya masing-masing dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Oleh karena itu, kebijakan program-program pembangunan melalui pengembangan Inovasi dengan pemantapan terus tetap relevan untuk dikembangkan dan diimplementasikan, sebagai salah satu strategi kebijakan pembangunan daerah dalam hal ini setiap daerah dituntut untuk melakukan inovasi-inovasi teknologi, produk, pelayanan public, inovasi,tata Kelola pemerintahan, dan bentuk inovasi lainnya,” terang Anang.

 

Masih dikatakan Anang, Ia juga menjelaskan bahwa Kota Metro mengembangkan program kebijakan pembangunan secara berkelanjutan melalui Roadmap Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) tahap pemantapan sebagai salah satu strategi kebijakan pembangunan jangka menengah/Panjang, dalam rangka mengoptimalisasi berbagai potensi sumberdaya yang dimiliki serta Kolaborasi model kebijakan pembangunan yang relevan yang mampu beradaptasi dan beroperasi secara sistemik dan terintegrasi.

 

Hal ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Sistem Inovasi Daerah. Generasi milenial kini tumbuh menjadi elemen baru dan penting di masyarakat kita. Sebuah bukti bahwa teknologi benar-benar mempengaruhi cara pandang dan cara hidup kita hari ini dan ini menjadi salah satu tujuan dalam menuju Generasi Emas Metro Cemerlang,” paparnya.

 

Anang juga melaporkan bahwa Gelar Teknologi dan Inovasi Terapan Kota Metro Tahun 2023 ini, diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Metro dan atau mereka yang menempuh pendidikan/bekerja di Kota Metro dengan jumlah peserta sebanyak 38 peserta terdiri dari perorangan maupun kelompok, dengan rincian 16 peserta dari kategori pelajar, dan 22 peserta dari kategori umum dilaksanakan mulai Bulan Januari-Maret 2023.

 

Acara diakhiri dengan penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba Teknologi dan Inovasi (TTG)  Kota Metro 2023.
Time7Newss.com  (ADV).
Print Friendly, PDF & Email