Beranda Advetorial Masyarakat Antusias Saksikan Pawai Budaya HUT Ke-86 Kota Metro

Masyarakat Antusias Saksikan Pawai Budaya HUT Ke-86 Kota Metro

267
BERBAGI

Foto : Wali Kota Metro Wahdi saat membuka dan melepas peserta pawai budaya dalam rangka Hari Jadi Ke-86 Kota Metro.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wali Kota Metro Wahdi melepas pawai budaya dalam rangka semarak Hari Jadi Ke-86 Kota Metro, peserta pawai diikuti dari masing-masing utusan kecamatan se-Kota Metro berlangsung di depan Rumah Dinas Wali Kota setempat, Jumat siang (9/6/2023).

 

Terlihat antusias ribuan peserta pawai dan masyarakat Kota Metro yang memadati rute pawai budaya tersebut, berbagai pertunjukan dari berbagai kesenian adat budaya ditampilkan pada gelaran pawai budaya HUT ke-86 Kota Metro tahun 2023.

 

Adapun pertunjukan kesenian dan adat kebudayaan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia ditampilkan setiap utusan kecamatan se,-Kota Metro didepan Wali Kota Metro Wahdi didampingi Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution beserta Forkopimda.

 

Wali Kota Metro Wahdi saat akan melakukan pelepasan peserta pawai budaya dari laporan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Suwandi.

 

Hal itu tentu menarik minat para penonton, mulai dari memvideokan hingga selfie didepan pawai budaya ini dan tidak sedikit yang ikut bergoyang ketika mendengarkan lantunan musik yang keluar dari alat musik tradisional yang dimainkan.

 

Wali Kota Metro Wahdi saat melepas peserta pawai budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-86 Kota Metro
Peserta pawai budaya Hari Jadi Ke-86 Kota Metro menampilkan adat budaya yang ada di Indonesia

 

Wahdi mengungkapkan ketakjubannya melihat antusias baik dari masyarakat maupun dari peserta pawai.Tak hanya itu, dirinya juga mengungkapkan ini merupakan tradisi yang harus dilestarikan agar anak-anak penerus bangsa ini tahu adat budaya yang ada di Indonesia khususnya di Metro.

 

β€œIni merupakan bukti bentuk kecintaan kita terhadap Metro ini, mengingat tadi ramai sekali ya yang hadir ikut memeriahkan,” terangnya.

 

Masih dikatakan Wali Kota Wahdi saat diwawancarai time7newss.com usai pelaksanaan pawai budaya, ia mengungkapkan tepatnya tanggal 9 Juni 1937 Metro ditetapkan menjadi sebuah Kota.

 

Hari ini tentu kita menghayu gembira, senang bersama dengan masyarakat bahwa pembangunan harus berlangsung dengan baik, tentunya Pemerintah Daerah dalam hal ini bersama dengan masyarakat,” ucap Wahdi.

 

Wali Kota Metro Wahdi didampingi Ketua TP PKK Silfia Naharani, Ketua DPRD Tondi MG Nasution, Kajari Metro dan Forkompimda Kota Metro saat menyaksikan pawai budaya HUT Ke-86 Kota Metro

 

Lebih lanjut Wahdi mengungkapkan, rangkaian HUT ke-86 Kota Metro diawali dengan doa bersama, upacara kemudian Paripurna sidang istimewa, Pawai Budaya Pembukaan Festival Putri Nuban.

 

Hari ini rangkaiannya, pagi tadi kita upacara kemudian dilanjutkan dengan Paripurna sidang Istimewa Hari jadi kota Metro dihadiri oleh Bapak gubernur diwakili sekda. Selanjutnya jam 14.00 WIB sampai jam 16.00 WIB ya kita pembukaan pawai pawai budaya dalam rangka Festival Putri Nuban,” ungkap Wahdi.

 

Wahdi menuturkan, tentunya kita bisa melihat begitu antusiasnya semua masyarakat menghadirkan budayanya, jadi kebhinekaan kita tampak di sini, kita bersama-sama menyatu untuk pembangunan kedepan.

 

Selalu saya sampaikan, Metro genetiknya baik, Metro ke depan semakin baik bersama kita membangun kota Metro. Untuk peserta Pawai budaya berjumlah 1.500 orang kurang lebih tercatat dari 5 Kecamatan 22 Kelurahan dan ada dari beberapa luar daerah seperti Lampung Timur ikut memeriahkan,” tuturnya.

 

Wahdi menjelaskan, hal ini mempersatukan kearifan lokal yang ada begitu banyaknya budaya sesuai dengan visi Kota Metro yaitu Kota Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya.

 

Bangsa besar tidak pernah melupakan budaya, karena disitu ada nilai-nilai moralitas budaya Indonesia, nilai-nilai etika yang sangat besar ini beragam ya ketika terjadi apa persatuan kebudayaan bahkan lebih baik lagi,” kata Wahdi.

 

Sementara itu, salah seorang warga masyarakat yang berkesempatan hadir menyaksikan pertunjukan kesenian dan adat kebudayaan pada pawai budaya, Tasya (16thn) warga Kecamatan Metro Pusat, Ia sangat antusias dan ceria saat menyaksikan pawai budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-86 Kota Metro.

 

Luar biasa, iya tentu sangat senang bisa melihat event tahunan pawai budaya yang diselenggarakan dalam rangka Hari jadi Kota Metro, kita menyaksikan pawai budaya hingga selesai, Selamat HUT ke-86 Kota Metro,” pungkasnya.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email