Beranda Kota Metro Polres Metro Gelar Gladi Sispamkota, Antisipasi Kerusuhan Saat Pemilu 2024

Polres Metro Gelar Gladi Sispamkota, Antisipasi Kerusuhan Saat Pemilu 2024

102
BERBAGI

Foto : Polres Metro gelar gladi latihan sispamkota antisipasi kerusuhan berbagai kegiatan pemilu 2024.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Dalam rangka persiapan pemilu 2024 mendatang, Polres Metro menggelar Gladi latihan sispamkota di Halaman Polres Metro. Senin (16/10/2023).

Gladi bersih ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh unsur pengamanan dalam menghadapi Pemilu 2024. Dalam gladi ini, para petugas pengamanan melakukan simulasi pengamanan berbagai kegiatan pemilu, mulai dari kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, hingga pengamanan hasil pemilu.

Kegiatan ini di pimpin oleh Kabag Ops Polres Metro Kompol Zulkifli S.Pd yang mengatakan, “Gladi bersih sispamkota merupakan langkah awal kami (Polres Metro) dalam memastikan bahwa Kota Metro aman dan tertib selama proses Pemilu berlangsung.”

Dalam peragaan tersebut, personel polisi yang bertugas mensimulasikan berbagai kondisi saat masa kampanye sampai setelah penghitungan suara. Mereka juga memperlihatkan kesigapan berbagai satuan. Misalnya saat ada seorang provokator menganggu jalannya kampanye terbuka dan harus diamankan anggota satreskrim. Juga saat para anggota sabhara melakukan penyisiran sejumlah kantor dan obyek vital dari ancaman bom.

 

Polres Metro menggelar Gladi latihan sispamkota di Halaman Polres Metro

 

Para anggota korps baju coklat ini juga memperagakan tahap-tahap penanganan huru-hara. Mulai dari menerjunkan pasukan negosiator sampai menurunkan pasukan pengendali massa (dalmas) bersenjata lengkap, komplit dengan watercanonnya .

Selama kegiatan berlangsung, anggota mengikuti serangkaian latihan dan simulasi terkait pengamanan Pemilu, termasuk penanganan situasi darurat dan pengendalian kerumunan.

Kegiatan ini juga akan memastikan koordinasi yang baik antar anggota dalam merespons berbagai potensi tantangan yang mungkin timbul selama proses pemilihan,” ucap Kabag Ops menambahkan.

Di tempat terpisah Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK mengatakan bahwa gladi bersih ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pemilu 2024 di Kota Metro.

Dalam gladi bersih ini, para petugas pengamanan juga melakukan simulasi pengamanan terhadap berbagai potensi gangguan keamanan, seperti aksi terorisme, kerusuhan, dan gangguan keamanan lainnya”, Lanjut Kapolres.

Dengan adanya gladi bersih ini, diharapkan seluruh unsur pengamanan dapat lebih siap dalam menghadapi Pemilu 2024 di Kota Metro”, Tutup Kapolres.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email