Beranda Advetorial Sekda Kota Metro Buka Pelatihan SIRUP

Sekda Kota Metro Buka Pelatihan SIRUP

52
BERBAGI

Foto : Sekda Kota Metro Ir.Bangkit Haryo Utomo,MT saat membuka pelatihan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP).


Time7Newss.com, Kota Metro.

Sekretaris Daerah Kota Metro Ir.Bangkit Haryo Utomo, M.T, menyampaikan seluruh peserta yang menghadiri kegiatan perencanaan sebuah pengadaan yang menghadirkan narasumber dari LKPP Agung Ismail sebagai Analis Data Ilmiah Muda Direktoral Perencanaan Tranformasi, Pemantauan dan Evaluasi Pengadaan LKPP.

Hal ini disampaikan Sekda Bangkit saat membuka pelatihan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) yang di selenggarakan Pemerintah Kota Metro bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan SiRUP sebagai alat yang efektif dalam pengadaan barang dan jasa di pemerintahan.

 

Pemkot Metro mengadakan pelatihan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP)

 

Pelatihan SiRUP ini merupakan inisiatif dari Pemerintah Kota Metro dalam mendorong transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas dalam proses pengadaan pemerintah dengan menggunakan SiRUP Pelatihan ini akan diikuti oleh PA, KPA, PPK yang ada di Organisasi Perangkat Daerah Kota Metro.

Dasar pelaksanaan kegiatan adalah Peraturan Presiden No. 12 tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Bangkit juga mengungkapkan bahwa selama pelatihan peserta akan mempelajari berbagai aspek terkait SiRUP tentang proses perencanaan pengadaan.

Nanti kita simak bersama-sama bapak ibu. Karena berita di media mengatakan bahwa tindak pidana korupsi itu dimulai dari proses pengadaan barang dan jasa,” ujarnya, saat memberikan sambutan di Aula Pemerintah Kota Metro, Jumat (01/03/2024).

Oleh karena itu, Bangkit berharap seluruh Kepala OPD di Kota Metro dapat mengetahui dan memahami terkait seluruh proses pengadaan barang dan jasa yang ada di masing-masing OPDnya.

Semua kepala OPD harus paham itu, jangan sampai kita salah bapak ibu dalam proses perencanaan pengadaan yang dilakukan,“ tegasnya.

Sekretaris Daerah Kota Metro tersebut, berpesan kepada seluruh peserta yang belum memahami terkait proses perencanaan pengadaan untuk dapat bertanya secara langsung kepada narasumber.

Hari ini, kita bersama-sama mendengarkan dari sumber langsung, dan kemudian Nanti ditanyakan hal-hal yang masih ada ganjalan dan ada kesulitan di bapak-ibu semua mumpung ada narasumber yang kompeten dari LKPP Jakarta Pak Agung,“ tuturnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih, kepada narasumber yang sudah hadir untuk memberikan ilmunya di Kota Metro.

 

Analis Data Ilmiah Muda Direktoral Perencanaan Tranformasi, Pemantauan dan Evaluasi Pengadaan LKPP, Agung Ismail

 

Sementara itu, Analis Data Ilmiah Muda Direktoral Perencanaan Tranformasi, Pemantauan dan Evaluasi Pengadaan LKPP, Agung Ismail mengungkapkan bahwa UKPBD (Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa) adalah Mitra terdekat dari LKPP.

Kami Bapak Ibu Mitra yang paling terdekat dari kami adalah UKPBD, sehingga teman-teman diharapkan tahu betul pengetahuan, teknis regulasi, tata ruang, cara bagaimana menyampaikan dan memenuhi kebutuhan barang jasa di organisasi ,“ terangnya.

Sebagai kegiatan perdana yang menghadirkan LKPP sebagai narasumber dari PBJ (Pengadaan Barang/Jasa) Kota Metro secara forum resmi, Agung berharap dapat memperkuat jalinan silaturahmi dan meningkatkan kualitas barang dan jasa di Kota Metro.

Mudah-mudahan ini menjadi awal kita untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan kualitas di barang dan jasa, walaupun sebenarnya barang jasa ini satu dari sekian banyak administrasi pemerintahan,“ harapnya.

Menurutnya, UKPBJ merupakan bagian terkecil yang ada pada sistem pemerintah tetapi cukup menyita perhatian karena dinilai dapat dorong belanja barang dan jasa secara langsung ke masyarakat.

Sehingga kebijakan- kebijakan, afirmasi-afirmasi lebih kepada barang dan jasa yang secara umum adalah belanja,“ tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, Agung Ismail juga mengingatkan tentang UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mengatur tentang hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang dimiliki oleh lembaga publik.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email