Beranda Advetorial Pemkot Metro Gelar Jambore Kader dan Penggerak Posyandu Aktif

Pemkot Metro Gelar Jambore Kader dan Penggerak Posyandu Aktif

198
BERBAGI

Foto : Wali Kota Wahdi saat kegiatan Jambore Kader dan Penggerak Posyandu Aktif Tingkat Kota Metro tahun 2023.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wali Kota Metro dr.H.Wahdi,Sp.OG (K), MH, menyampaikan bahwa kolaborasi dalam tata kelola yang paling penting, terutama dalam pengembangan sumber daya manusia menjadi salah satu upaya yang besar sehingga tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa adanya keterlibatan masyarakat.

 

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Wahdi saat kegiatan Jambore Kader dan Penggerak Posyandu Aktif Tingkat Kota Metro tahun 2023, bertempat di Halaman Taman Metro Indonesia Indah (TMII). Selasa 29/08/2023.

 

Dengan adanya transformasi layanan primer yang saat ini sedang uji coba menerapkan konsep kewilayahan, dimana sistem pelayanan kesehatan primer pada level desa atau kelurahan layanan kesehatan di diselenggarakan di posyandu,” ujar Wahdi.

 

Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo (tengah), Asisten II Yeri Ehwan (kiri) saat kegiatan Jambore Kader dan Penggerak Posyandu Aktif Tingkat Kota Metro

 

Wahdi menuturkan kegiatan Jambore kader Posyandu merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada kader posyandu.

Jambore kader posyandu ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang kita berikan kepada kader posyandu karena mereka telah menjadi ujung tombak unsur kesehatan di tengah masyarakat Kota Metro,” kata Wahdi.

 

Selain itu, Wahdi berujar pelayanan kesehatan terpadu optimal dapat menciptakan masyarakat yang sehat dan sesuai dengan visi, yaitu terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu menuju masyarakat yang sehat.

 

Layanan ini didukung dengan inisiatif BPJS dengan membuat aplikasi yang dapat mendeteksi penyakit masyarakat. Dengan kita memberikan pengetahuan terkait pola hidup sehat kepada masyarakat, serta layanan kesehatan harus mampu mengetahui terkait pergeseran penyakit yang ada,” tutur Wahdi.

 

Tujuan kegiatan Jambore ini tentunya meningkatkan peran serta kader Posyandu, dalam mewujudkan generasi balita dan ibu-ibu Kota Metro yang sehat, demi mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang (Cemerlang) sebagai Peta Jalan Generasi Emas Indonesia tahun 2045″,

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan jambore, Kadis Kesehatan Kota Metro Dr.Eko Hendro Saputra,ST,.M.Kes, menjelaskan berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia ini masih sangat tinggi, sehingga kehadiran kader Posyandu juga sebagai ujung tombak penyampai informasi penting mengingat, masih banyak kasus HIV AIDS, kematian ibu hamil, stunting dan kematian bayi di Indonesia.

 

Tentunya sangat dibutuhkan bantuan dan dukungan masyarakat agar masyarakat di Kota Metro tercegah dari penyakit-penyakit tersebut. Inilah fungsi pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan ini,” ungkap Eko.

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Metro dr.Wahyudi Putra Pujianto saat menghadiri Jambore Kader dan Penggerak Posyandu Aktif Tingkat Kota Metro tahun 2023

 

Masih dikatakan Eko Hendro, Untuk menciptakan Kota Metro yang sehat dan terhindar dari penyakit, baik menular atau tidak perlu adanya pencegahan dan penggerakan.

 

Pada jambore ini mengundang 790 kader yang terdiri dari 158 posyandu, kader ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah dan bisa dihindari. Caranya dengan melakukan perbaikan lingkungan, perubahan perilaku, kemudian menghimbau dengan melakukan cek kesehatan secara berkala,” lanjut Hendro.

 

Selain itu, Eko Hendro menegaskan bahwa posyandu juga dapat memberikan pelayanan dan pemberian asupan gizi, kontrol kepada kunjungan rumah siapa yang sakit kader itu memberikan laporan.

 

Saya sangat bangga kepada para kader karena sudah sukarela menjadi garda terdepan untuk sama-sama membantu untuk mewujudkan visi pemerintah, dari kegiatan ini mencerminkan program pemerintah yang dilakukan dan tetap memberdayakan masyarakat untuk bersama membangun Kota Metro menjadi lebih baik,” kata Eko.

 

Ditempat yang sama, Kader posyandu Karangrejo Ibu Yuniasih mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Jambore tersebut sehingga meningkatkan wawasan dan kemampuan para kader posyandu.

 

Kegiatan jambore ini sangat meriah dan terus harus dikembangkan. Harapan saya semoga jambore selanjutnya bisa lebih banyak lomba dan kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif sehingga dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan para kader posyandu Kota Metro,” pungkasnya.

 

Tampak hadir pada kegiatan tersebut,Wali Kota Metro dr. H.Wahdi,Sp.OG (K), MH, Sekda Kota Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo,MT, Perwakilan Dinas Kesehatan Propinsi Lampung, Forkopimda, para Kepala OPD, seluruh Camat dan Lurah se-Kota Metro serta undangan yang lain.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email