Beranda Kota Metro Pemkot Metro Menandatangani Kesepakatan Bersama Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Gizi Keluarga

Pemkot Metro Menandatangani Kesepakatan Bersama Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Gizi Keluarga

281
BERBAGI

Time7Newss.com, Kota Metro.

Pemerintah Kota Metro melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dalam rangka peningkatan ketahanan gizi keluarga melalui gerakan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Kelurahan Tangguh Nusantara (KTN) dan Kebun Bibit Kelurahan/Kebun Kolektif.

Acara tersebut berlangsung di Area Kelompok Lestari Jaya Mandiri, Kelurahan Margodadi (Depan SMKN 4 Metro). Hery Wiratno selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan kota Metro dalam laporannya menyampaikan, bahwasannya Dinas Pertanian nantinya akan ada aplikasi pemasaran. Aplikasi ini khusus hasil dari kelolaan PKK, kelompok wanita tani dan kebun-kebun yang ada di pekarangan rumah masyarakat terutama kawasan pangan lestari, Rabu (22/9/2021).

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin melakukan penandatanganan bersama dalam rangka peningkatan ketahanan gizi keluarga melalui gerakan Pekarangan Pangan Lestari.

Dalam kegiatan tersebut diperlukan pendampingan dari berbagai pihak, seperti kerja sama dari Kodim, Kepolisian dan PKK, untuk ketahanan pangan peningkatan gizi keluarga dan yang terpenting mengurangi stunting,” terang Hery.

Lanjutnya, Hery menjelaskan, ketahanan pangan di Kota Metro dapat mensuplai 1.000 ton produksi beras. Saat ini seluas 25 hektar yang mengalami masa tanam dan jenis padi yang dipakai berusia 70 hari setelah tanam, menggunakan jenis padi MD70.

Ditempat yang sama, Wali kota Metro Wahdi, mengucapkan selamat kepada para petani yang telah berhasil mengelola lahan persawahan dilokasi Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanian (OPIP).

Saya sampaikan selamat kepada para petani yang telah berhasil mengelola sawah khususnya di lokasi kegiatan OPIP Kota Metro tahun 2021. Untuk mencapai target hasil produksi petani, kita memerlukan partisipasi dari semua pihak, terutama jajaran pemerintah agar dapat memberikan berbagai kemudahan kepada para petani dalam mendapatkan sarana produksi dan mengurangi mengurangi biaya produksi,” tuturnya.

Dikatakan Wali Kota Wahdi, Pemerintah kota Metro ingin meningkatkan sinergitas kerja sama dan integrasi pembinaan terhadap gerakan P2L, KTN dan kebun bibit kelurahan ataupun kolektif.

Diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Kepolisian Resor Metro, Komandan Distrik Militer 0411/Kota Metro dan tim penggerak TP-PKK Kota Metro. Dengan harapan kedepan dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga membawa manfaat yang lebih baik bagi ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat kita,” jelasnya.

Acara penandatangan kesepakatan bersama dalam rangka peningkatan ketahanan gizi keluarga melalui gerakan Pekarangan Pangan Lestari.

Di akhir sambutan Wali Kota Wahdi, ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kapolres Metro, Kodim 0411/Kota Metro dan juga ketua tim penggerak PKK Kota Metro, serta kepada seluruh anggota kelompok tani.

Kami juga berharap dapat tetap membangun semangat dan optimis dalam menjalankan budidaya tanaman pertanian di tengah berbagai tantangan yang ada,” pungkasnya.

Time7Newss.com (Red).

 

Print Friendly, PDF & Email