Beranda Life style Ekonomi Fashion Show Daur Ulang Sampah Kreativitas Sejahterakan Masyarakat

Fashion Show Daur Ulang Sampah Kreativitas Sejahterakan Masyarakat

246
BERBAGI

Foto : Ketua TP PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi bersama peserta Fashion Show dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional HPSN di Kelurahan Banjarsari.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Tim Penggerak PKK Kelurahan Banjarsari bersama Komunitas Bakul Batik Metro (BBM) mengadakan kegiatan Fashion Show Daur Ulang Sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 berlangsung di sekretariat Canting Batik Jalan Dewi Sartika Gang Kamboja RT.24 RW.05 Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara, Minggu (19/02/2023).

 

Kegiatan tersebut mengusung tema, “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat,”  menjadi satu konsep pergerakan masyarakat Banjarsari untuk peduli lingkungan terutama limbah sampah.

 

Fashion show daur ulang sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara

 

Hal ini dikatakan Lurah Banjarsari, Erwin Syarief saat diwawancarai time7newss.com usai pelaksanaan fashion show daur ulang sampah dengan slogan “Katakan Tidak Pada Sampah”.

 

Konsep fashion show peduli sampah ini mengambil momen Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2023, peringatannya dilakukan setiap tahun,” kata Erwin.

 

Erwin menjelaskan, pihaknya memulai dan mengajak seluruh masyarakat bersama Komunitas Bakul Batik Metro (BBM) memberikan edukasi dan berkomitmen untuk mengurangi beban sampah di TPAS Karangrejo.

 

Kegiatan yang kami lakukan memang baru bisa sebatas ini bersama Komunitas BBM, Ibu-ibu Dasawisma, Pedagang Banjarsari kuliner bertujuan untuk edukasi semua lapisan masyarakat peduli sampah, mungkin dampknya belum terlalu besar tapi setidaknya komitmen kita peduli dengan penanganan sampah jangan sampai dari aktivitas yang kita lakukan menambah beban di tempat pembuangan akhir sampah Karangrejo,” ungkapnya.

 

Sebisa mungkin, Erwin menambahkan, setiap ada kegiatan khususnya di Kelurahan Banjarsari, ia mengajak warga bersama pegiat lingkungan peduli sampah komitmennya memulai dari hal kecil dengan tidak ada sampah.

 

Di setiap tempat gelaran acara kita berkomitmen sampah habis, situasi seperti ini yang kita lakukan menjadi kebiasaan baik itu aksi nyatanya dengan slogan “Katakan Tidak Pada Sampah”, dimulai dari hal yang kecil kita lakukan bersama anggota bank sampah unit TP PKK Banjarsari,” jelasnya.

 

Sanggar Canting Batik Metro Banjarsari Metro Utara

 

Selain itu, Erwin mengharapkan edukasi semakin meluas bukan hanya kepada pedagang dan pengunjung di Kelurahan Banjarsari namun juga diluar masyarakat Kelurahan Banjarsari.

 

Harapan edukasinya makin meluas nggak hanya ke para pedagang dan pengunjungnya tapi juga ke masyarakat di luar Banjarsari untuk lebih peduli dengan sampah. mulai melatih dan memilah sampah yang punya nilai ekonomi bisa dijual, sedangkan sampah organik bisa dimanfaatkan sendiri untuk kebutuhan pupuk kita masing-masing, itu yang kita ingin sampaikan kesana edukasinya,” imbuhnya.

 

Peningkatan Kolaborasi, Lanjut dikatakan Erwin, “Untuk mensejahterakan masyarakat sesuai dengan tema pada hari ini yaitu “Tuntas Kelola Sampah Sejahterakan Masyarakat”, kita ingin edukasi sampah sekecil apapun dengan aksi apapun bisa dilakukan tujuannya berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

 

Senada disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Banjarsari, Agustina Rahayu Ningsih, ia mengungkapkan kegiatan fashion show daur ulang sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tersebut menjadi momen mengingatkan semua masyarakat bagaimana pentingnya kepedulian kita terhadap sampah.

 

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) menjadi momen mengingatkan masyarakat untuk peduli sampah. Bukan hanya warga di Metro Utara namun semua masyarakat, dimana kegiatan ini bertujuan pentingnya kepedulian terhadap sampah, jangan sedikit-sedikit langsung dibuang, apabila kita bisa memikirkan limbah sampah, kreasinya itu akan menjadi nilai seni yang luar biasa,” ujarnya.

 

Masih dikatakan Agustina, Fashion show daur ulang sampah tersebut diikuti 70 peserta.

Tadi ibu Wali Kota sebagai ketua TP PKK Kota Metro sangat mengapresiasi kegiatan fashion show daur ulang sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), terlihat dengan antusias peserta kalaupun cuaca gerimis tetap meriah. Pelaksanaan kegiatan hari ini kami mengundang Dinas Lingkungan Hidup, Disporapar Kota Metro, TP PKK Kota Metro dan TP PKK Kelurahan Banjarsari,” tuturnya.

 

Lina Safitri dari Perwakilan KWT Puji Lestari Karangrejo menjadi juara umum Fashion Show Daur Ulang Sampah.

 

Sementara itu, Lina Safitri dari Perwakilan KWT Puji Lestari Karangrejo menjadi juara umum Fashion Show Daur Ulang Sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023, ia mengapresiasi dan berharap kedepannya terus berkelanjutan kegiatan tersebut untuk memberikan edukasi dan sosialisasi peduli sampah kepada masyarakat.

 

Tentunya kegiatan ini sangat menarik untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dimana kain bekas yang tidak terpakai bisa digunakan untuk gaun pesta berbahan kain perca bernilai ekonomis dan meningkatkan kreativitas warga untuk memanfaatkan dan pemilahan sampah bernilai, tidak dibuang begitu saja tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

 

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Disporapar Kota Metro dan TP PKK Kelurahan Banjarsari, KWT, penggiat peduli lingkungan.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email