Beranda Advetorial Semarak HUT Ke-86 Kota Metro, Stand Dinkes Metro Berikan Layanan Kesehatan

Semarak HUT Ke-86 Kota Metro, Stand Dinkes Metro Berikan Layanan Kesehatan

189
BERBAGI

Foto : Stand Dinas Kesehatan Kota Metro pada semarak HUT Ke-86 Kota Metro.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Dinas Kesehatan Kota Metro membuka stand pameran pada kegiatan Festival Putri Nuban Semarak Perayaan HUT ke-86 Kota Metro dengan mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang dan Pembangunan Berkelanjutan”, berlangsung di Samberpark Metro.

 

Adapun berbagai program kesehatan secara langsung disampaikan kepada setiap pengunjung yang hadir di Stand Dinas Kesehatan Kota Metro.

 

Stand Dinas Kesehatan Kota Metro pada Festival Putri Nuban Semarak HUT Ke-86 Kota Metro

 

Seperti halnya, Disampaikan petugas piket stand Dinkes Metro, Santi Prastianingrum diketahui bertugas sebagai tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku di puskesmas rawat inap Banjarsari tersebut, Ia mengatakan di stand Dinkes ada game edukasi kesehatan untuk anak-anak dan lain sebagainya.

 

Iya, stand Dinkes Metro ada game edukasi kesehatan untuk anak-anak, nanti di situ ada game-game terkait dengan kesehatan yang menggali kemampuan anak dalam dunia kesehatan,” jelasnya saat diwawancarai time7newss.com, Senin (12/06/2023).

 

Santi Prastianingrum penjaga piket Stand Dinkes Kota Metro dan bertugas sebagai tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku Kesehatan

 

Selain itu, dikatakan Santi, promosi dan edukasi bisa memberikan pesan-pesan kesehatan melalui kertas yang ditempel di dinding namanya dinding kertas.

 

Dinding kertas untuk memberikan pesan-pesan kesehatan untuk masyarakat dari masyarakat, seperti tekanan darah, lab sederhana itu ada cek gula darah, kolesterol ada asam urat dan pemeriksaan golongan darah,” papar Santi.

 

Petugas Piket Stand Dinas Kesehatan Kota Metro saat memberikan pelayanan cek kesehatan kepada pengunjung di Festival Putri Nuban Semarak HUT Ke-86 Kota Metro

 

Adapun lanjut dijelaskan Santi, apabila pengunjung seperti misalnya perlu konsultasi ada tenaga gizi yang standby di stand Dinas Kesehatan Metro.

 

Apabila pengunjung perlu konsultasi ada tenaga gizi yang akan memberikan konsultasi terkait dengan masalah kesehatan dan perilakunya dari promosi kesehatan,” ucapnya.

 

Lebih lanjut, Santi mengungkapkan ada juga pemeriksaan kesehatan seperti smoke lazer.

 

Di stand Dinkes Metro, ada juga pemeriksaan smoke lazer, dimana untuk mengetahui kadar asap rokok atau karbondioksida yang di dalam paru-paru itu baik perokok aktif maupun perokok pasif,” paparnya.

 

Tentunya banyak promosi kesehatan (Promkes) yang ada di stand Dinas Kesehatan Kota Metro.

 

Bagi pengunjung yang hadir di stand Dinkes Metro, ada juga disini petugas piket dari adik-adik prodi memberikan konsultasi terkait dengan tumbuh kembang balita,” terang Santi.

 

Stand Dinas Kesehatan Kota Metro bekerjasama dengan DPC PATELKI Metro dalam pengecekan golongan darah

 

Sedangkan untuk pemeriksaan golongan darah, ada kerjasama dengan DPC PATELKI Metro.

Untuk golongan darah itu ada kerjasama dengan DPC PATELKI Metro. Adapun tujuan bagi masyarakat luas dari promosi kesehatan yaitu promotif dan preventif jadi mempromosikan tentang kesehatan bisa dari leaflet atau selebaran pesan-pesan kesehatan,” kata Santi.

 

Masih dijelaskan Santi, pesan-pesan kesehatan yang lainnya, pengunjung datang ke Dinas Kesehatan mendapatkan informasi terkait penyakit-penyakit atau penyakit masalah-masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

 

Masyarakat bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan baik dari konsultasi dari pemeriksaan kesehatan sampai memberikan edukasi atau penyuluhan, dimana masyarakat ingin mengetahui seputar progam kesehatan, Insyaallah Dinas kesehatan ada untuk masyarakat,” imbuhnya.

 

Sementara itu, salah seorang pengunjung yang hadir di stand Dinas Kesehatan Kota Metro tersebut, Munawaroh (56thn), warga Margorejo Metro Selatan, ia mengucapkan terimakasih di stand pameran ada Dinas Kesehatan yang memberikan pelayanan dan promosi kesehatan.

 

Iya, tadi sempat periksa cek kesehatan asam urat dan gula darah, Alhamdulillah semua baik dan normal. Disini saya mendapatkan wawasan seputar kesehatan karena petugasnya sigap menyambut pengunjung dan langsung memberikan informasi serta penyuluhan kesehatan, tentunya sangat mengapresiasi program-program kesehatan yang sangat bagus untuk masyarakat menjaga kesehatan,” pungkasnya.

 

Berikut promosi kesehatan yang disampaikan di stand Dinas Kesehatan Kota Metro.

1. JAMA-PAI (Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu)

2. Cegah Penyakit Berbasis Lingkungan, 5 (Lima) Pilar STBM.

3. Aksi Bergizi di Sekolah

4. GERMAS / Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

5. Cegah Stunting.

6. Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

7. Cegah Tuberkulosis

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email