Beranda Kota Metro Personil Kodim 0411/KM Ikuti Apel Gelar Terpusat Operasi Lilin Krakatau 2023

Personil Kodim 0411/KM Ikuti Apel Gelar Terpusat Operasi Lilin Krakatau 2023

64
BERBAGI

Foto : Personel Kodim 0411/KM ikuti Apel Gelar terpusat Operasi Lilin Krakatau 2023.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Satu Peleton Personel Kodim 0411/KM mengikuti Apel Gelar Terpusat dalam rangka Operasi Lilin Krakatau 2023 bertempat di Halaman Polres Metro Jl. Diponegoro No.6, Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro. Kamis (21/12/2023).

Terlihat hadir dalam Apel tersebut Walikota Metro Wahdi diwakili Sekda Ir. Bangkit Haryo Utomo,MT.

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK diwakili Wakapolres Kompol Sigiet Aji Vambayun,S.H., S.I.K., Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P. diwakili Danramil 411-03/MS Kapten Arh Mukrim, Kajari Kota Metro diwakili Staf intel Andrian,SH., PJU Polres Metro, Danramil 411-01/Metro Lettu Inf Rudiyanto, Dansub Denpom P Metro Letda Cpm Rusman, Kasat Pol PP Jose Sarmento Piedade,S.STP., M.M. dan para tamu undangan.

Sementara Apel Gelar diikuti oleh personel Kodim 0411/KM, Subdenpom Persiapan Kota Metro, Polres Metro, Dishub dan Satpol PP Kota Metro, Senkom serta Dinkes Kota Metro.

Dalam sambutannya, Inspektur |Upacara membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si “Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar”.

Sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok”.

Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat“.

Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi“.

Pada sisi kamseltibcar lantas, Polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian 4 arus lalu lintas penyeberangan laut dan penundaan perjalanan. Tentunya SKB ini harus dapat dipahami dan diimplementasikan secara tepat di lapangan“.

Selanjutnya pada sisi kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat“.

Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini dan 5 preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apa pun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun“.

Selanjutnya hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan operasi. Sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan dan Mitra Kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023“.

Kepada seluruh personel saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah. Terakhir, saya mengucapkan Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045″.

 

Time7Newss.com (DL).

 

 

Print Friendly, PDF & Email