Beranda Life style Ekonomi TPID Pemkot Metro Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi

TPID Pemkot Metro Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi

139
BERBAGI

Foto : Asisten II Setda Pemkot Metro Yerri Ehwan saat rapat koordinasi pengendalian inflasi secara virtual.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Inspektur Jendral Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir menegaskan kepada seluruh kepala daerah yang mengalami kenaikan inflasi untuk fokus mengatasi kenaikan beberapa harga bahan pokok pada saat Natal dan Tahun Baru, salah satunya komoditas cabai.

Dirinya meminta kepada daerah yang belum melakukan gerakan menanam cabai agar segera dilaksanakan demi menekan angka inflasi sehingga angka inflasi tidak merambat naik. Hal itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia bersama Kemendagri.

β€œKami harapkan bagi daerah-daerah yang belum agar menanam cabai khususnya kota kabupaten yang menjadi langganan kenaikan harga cabai. Kami minta untuk fokus kepada kepala daerah untuk serius menangani kenaikan komoditas tersebut,” ucapnya pada saat rapat koordinasi pengendalian inflasi secara virtual yang diikuti oleh Tim Penanganan Inflasi Daerah di OR Setda Kota Metro, Rabu (27/12/2023).

Berdasarkan data minggu ke 3 di bulan Desember, Provinsi Lampung berada di urutan pertama yaitu sebesar 4,10 persen, kemudian Maluku Utara 3,90 persen, Bangka Belitung 3,87 persen, Jambi 3,75 persen, Sumsel 3,52 persen, DI Yogyakarta 3,48 persen, Kepulauan Riau 3,44 persen, Kalimantan Timur 3,30 persen, Riau 3,26 persen dan Jawa Timur 3,24 persen.

Dalam 5 tahun terakhir, selalu terjadi inflasi pada bulan Desember beberapa komoditas yang cenderung mengalami kenaikan harga menjelang Natal dan Tahun baru diantaranya tarif angkutan udara, telur ayam ras, cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan daging ayam ras.

Hasil monitoring Satgas pangan per 22 Desember 2023 cabai di harga 89.800 dengan harga acuan 57.000, hal ini terjadi dikarenakan faktor cuaca yang mempengaruhi hasil produksi, kemudian beberapa wilayah masih tergantung pendistribusian dari luar daerah dan proses pendistribusian perlu waktu yang singkat agar tidak menurunkan kualitas.

Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Metro, Yerri Ehwan mengatakan bahwa Kota Metro terus berupaya menurunkan angka inflasi, salah satunya terus melakukan operasi pasar murah di beberapa titik.

β€œKita terus berupaya melakukan penanganan inflasi,salah satunya melakukan operasi pasar dengan memberikan harga murah sehingga memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” ujar Yerri.

 

Time7Newss.com (Red).

 

 

Print Friendly, PDF & Email