Beranda Advetorial Qomaru Dan Silfia Naharani Wahdi Sambut Tim Verifikasi Lapangan Lomba Posyandu Berprestasi

Qomaru Dan Silfia Naharani Wahdi Sambut Tim Verifikasi Lapangan Lomba Posyandu Berprestasi

117
BERBAGI

Foto : Ketua TP PKK Silfia Naharani Wahdi penasehat kader Posyandu saat kegiatan Verifikasi Lapangan Lomba Posyandu.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan Kota Metro, mendampingi Tim Verifikasi Lapangan terkait Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Tahun 2024 yang juga sekaligus dalam rangka Jambore Posyandu Tahun 2024 Propinsi Lampung.

Tim disambut oleh Wakil Wali kota Metro, Qomaru Zaman dan jajaran, serta Ketua TP-PKK Metro sekaligus penasehat kader Posyandu dr.Silfia Naharani. Jum’at (21/06/2024),

Kali ini Posyandu Mawar, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara mendapatkan verifikasi lapangan terkait Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Tahun 2024.

Sebagai ujung tombak pelayanan Pemerintah kepada masyarakat, sekaligus mitra Posyandu bersama Puskesmas, Erwin Syarief, Lurah Karangrejo, mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan ini sudah disiapkan dengan matang. Seluruh kader dan pokja sudah memaksimalkan perannya masing-masing.

Kegiatan hari ini yaitu Penilaian dan Verifikasi Lapangan Dalam Rangka Jambore Kader dan Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024,” paparnya.

Dirinya menyebutkan bahwa kelurahan tidak bisa melepaskan diri dari kegiatan Posyandu karena masing-masing perangkat kelurahan mendapatkan posisi atau jabatan, khususnya dalam pelaksanaan lomba ini

Lurah itu kalau di Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu sebagai ketua, Wakil Ketuanya dari tim Penggerak PKK Kelurahan, Sekretarisnya Kasi Kesejahteraan Rakyat yang ada di Kelurahan, lalu nanti akan ada unit pelayanan, unit kelembagaan, ada 3 kelembagaan yang ada di Pokja itu, semua kita maksimalkan demi meraih prestasi,” ujarnya.

Erwin menerangkan terkait program Integrasi Layanan Primer (ILP), Posyandu ini sudah melaksanakan sejak tahun 2023, yang persiapannya meliputi administrasi Kader Posyandu, Pokja PKK, hingga UPTD Puskesmas Karangrejo sesuai Integrasi Layanan Primer (ILP) yang ada di posyandu.

Menurutnya, Posyandu yang ada di Kelurahan terintegrasi dari Pra Konsepsi, Masa Kehamilan, Lahiran Bayi, Menyusui, Remaja hingga Lansia. Kelurahan mendapat dukungan penuh supaya pelayanan yang ada di posyandu dapat dilaksanakan lintas sektor. Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya melibatkan Bidang Kesehatan saja melainkan mengikutsertakan Pelaku Usaha, UMKM, dan Partisipasi Masyarakat.

Targetnya dengan acara ini dapat membantu edukasi karena baru diterapkan di Desember 2023 semenjak diterapkannya ILP Posyandu. Selama ini kan layanan itu terpisah pisah, adanya posyandu balita, posyandu remaja, posyandu lansia dengan adanya posyandu ILP ini akan terintegrasi keseluruhannya sesuai siklus kehidupan manusia,” tambah Erwin.

Harapannya dengan adanya lomba ini dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

Erwin Syarief, Lurah Karangrejo Metro Utara Kota Metro.

 

 

Tim Penilai Provinsi Lampung, Septiana Zainal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung mengatakan kriteria penilaiannya dari sisi kelembagaan berdasarkan Kemendagri No. 18 Tahun 2018 bahwa posyandu telah menjadi salah satu lembaga kemasyarakatan.

Kalo dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Transmigrasi itu melihat dari sisi kelembagaannya, jadi kita melihat dari bagaimana Kelompok Kerja (Pokja) yang ada di kelurahan, apakah memang berjalan atau tidak atau sudah ada peraturan-peraturan baik itu peraturan yang dikeluarkan kelurahan terkait posyandu maupun peraturan perwali yg dikeluarkan terkait dengan lembaga kemasyarakatan yang ada di desa,” jelasnya.

Secara keseluruhan, Posyandu Mawar sudah cukup baik sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada. Sudah ada perwalinya tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), Kepengurusan Kelompok Kerja (Pokja), dan SK sudah diterbitkan.

Ketua Kader Posyandu Mawar, Thalib menyatakan kesiapan untuk Lomba Penilaian Posyandu sudah dipersiapkan dengan baik, mulai dari administrasinya hingga sumberdaya manusianya.

Semua sudah dipersiapkan mulai dari fasilitas-fasilitas untuk penilaian hari ini. Posyandu sudah mempersiapkan mulai dari langkah yang pertama yaitu pendaftaran, langkah dua penimbangan dan pengukuran, langkah ketiga pencatatan, langkah keempat pelayanan dan langkah kelima penyuluhan serta layanan lainnya seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT),” katanya.

Sasaran Posyandu Mawar ini sendiri sesuai dalam data yang dirangkum, meliputi bayi balita berjumlah 80, Remaja sejumlah 112, usia produktif atau dewasa 260, Lansia 131, dan Ibu hamil 11 orang.

Thalib berharap dengan adanya lomba ini dapat meningkatkan dan mewujudkan prestasi kader dan posyandu, pelayanan lebih maju dan meningkat serta yang berkunjung lebih banyak.

Dirinya menambahkan bahwa pelayanan posyandu dilakukan satu bulan sekali setiap tanggal 7 dan bagi yang tidak dapat hadir langsung ke posyandu akan diberikan layanan khusus yaitu Home Care atau kunjungan ke rumah warga oleh para kader posyandu.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

Print Friendly, PDF & Email