Beranda Kesehatan Wakil Wali Kota Qomaru Dorong Penguatan Imunisasi Wujudkan Kota Sehat

Wakil Wali Kota Qomaru Dorong Penguatan Imunisasi Wujudkan Kota Sehat

235
BERBAGI

Foto : Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Puncak Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2023.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Wakil Wali Kota Metro Qomar Zaman mendorong penduduk Kota Metro melakukan imunisasi untuk penguatan dan terwujudnya menjadi Kota Sehat.

 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman saat berlangsungnya kegiatan acara Puncak Imunisasi Dunia (PID) tahun 2023 bertempat di halaman Wisma Haji Al Hairiyah Metro, Kamis (11/05/2023).

 

Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Ini dalam rangka penguatan untuk menjadikan kota sehat melalui imunisasi,” ujarnya.

 

Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman saat Puncak acara Pekan Imunisasi Dunia (PID) Kota Metro tahun 2023

 

Selain itu, Qomaru berujar, ia meminta dinas kesehatan mengawal terhadap pelayanan kesehatan setiap penduduk wajib sehat di Bumi Sai Wawai.

 

ini adalah bagian yang mendorong penduduk kota metro dari yang anak-anak bayi sampai orang tua wajib sehat, maka dinas Kesehatan akan selalu mengawal terhadap pelayanan kesehatan di kota ini Puskesmas ,posyandu bergerak semua,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut disampaikan Wakil Wali Kota Qomaru Zaman yang juga merupakan Ketua Forum Kota Sehat Kota Metro, Ia menambahkan bahwasanya ke depan Pemerintah tetap berkewajiban mengawal kota ini menjadi kota yang sehat.

 

Dengan pekan imunisasi ini saya harapkan kegiatan ini menjadi momentum utama untuk penguatan kota ini menjadi kota yang sehat,” tuturnya.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Eko Hendro Saputra

 

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Eko Hendro Saputra, saat diwawancarai, Ia menjelaskan Pencapaian imunisasi masih di bawah 90% akibat dari dampak covid kemarin.

 

Berkaca dari pengalaman pandemi covid 19 terjadi penurunan cakupan imunisasi di tingkat global yaitu dari 86% tahun 2019 menjadi 81% tahun 2021,serta jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi sejak tahun 2017 sampai tahun 2021 sebanyak 1525.936 , penurunan juga dialami di Indonesia dengan cakupan imunisasi dasar sebesar 93,7%dari tahun 2019 menjadi 84,5%,” paparnya.

 

Eko Hendro menuturkan, melalui momen pekan imunisasi dunia (PID) bertujuan menggerakkan masyarakat sadar imunisasi yang sangat penting untuk kesehatan.

 

Alhamdulillah WHO telah mencabut covid bukan menjadi endemi , mudah-mudahan dalam momentum pekan hari ini kita harus mencapai 100% , Dan ini juga momentum untuk menggerakkan masyarakat bahwa sadar bahwa imunisasi itu penting untuk kesehatan terutama untuk anak balita kita,” terang Eko.

 

Adapun Dalam hal ini, Kadis Kesehatan Eko Hendro menegaskan strategi untuk mencapai itu semua adalah penguatan tenaga kesehatan internal dan bantuan daripada partisipasi masyarakat terutama kader kesehatan.

 

Perlu kita ingat manfaat dari imunisasi ini adalah untuk mencegah dari penyakit-penyakit yang dapat dilindungi dari penyakit yang dapat dicegah dari imunisasi, di antaranya campak, liver, tetanus dan yang lainnya,” tutupnya.

 

Time7Newss.com (ADVETORIAL).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email