Beranda Advetorial PTA, HUT Pramuka dan HUT RI Ke-78 Sarana Bentuk Karakter Pelajar Pancasila

PTA, HUT Pramuka dan HUT RI Ke-78 Sarana Bentuk Karakter Pelajar Pancasila

135
BERBAGI

Foto : SMA Negeri 2 Metro melaksanakan Perkemahan Tamu Ambalan (PT) dalam rangka HUT Pramuka dan HUT RI Ke-78 Sarana Bentuk Karakter Pelajar Pancasila.


Time7Newss.com, Kota Metro.

Perkemahan Tamu Ambalan (PTA) yang dibuka secara langsung oleh Kamabigus SMA Negeri 2 Metro Kak Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd pada Sabtu 12 Agustus 2023 ditandai dengan pemukulan gong dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta oleh Kamabigus kepada dua orang peserta Pa dan Pi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para pelatih, asisten pelatih para pembina guru dan staf tata usaha pangkalan SMA Negeri 2 Metro.

 

Menurut pembina Pramuka bahwa kegiatan perkemahan tamu ambalan tahun ini dilaksanakan selama dua hari terhitung dari 12 – 13 Agustus 2023. Kamabigus sangat menyambut gembira dan memberikan support yang besar terhadap pelaksanaan kegiatan perkemahan tamu ambalan yang mengambil tema “Ambaudhenda Nyakrawati”  yang artinya Adil, Bijaksana dalam memerintah Dunia.

 

Kami sangat mendukung kegiatan ini dan  berharap bahwa perkemahan tamu ambalan ini bukan sekedar formalitas belaka namun bisa dijadikan sebagai pengalaman terbaik bagi kehidupan dan hidup di masa yang akan datang oleh seluruh adik-adik peserta PTA. inti dari kegiatan ini adalah adik-adik peserta mampu mengambil pelajaran yang berharga sehingga dapat merubah karakternya menjadi lebih baik lagi,” terang Kamabigus, Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd.

 

Kamabigus, Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd. menjadi Pembina Pramuka didampingi para pelatih, asisten pelatih para pembina guru dan staf tata usaha pangkalan SMA Negeri 2 Metro saat pembukaan Perkemahan Tamu Ambalan (PTA)

 

Di sisi lain pembina Pramuka Kak Mayangsari dan Rizal Maulana menyampaikan bahwa kegiatan perkemahan tamu ambalan ini digelar sebagai syarat perpindahan status jenjang kepramukaan dari penggalang menjadi penegak dengan melakukan kegiatan persami.

 

Penegak merupakan salah satu golongan dalam Pramuka yang terdiri dari peserta yang berusia antara 15 sampai 18 tahun atau usia SMA SMK atau Aliyah. Golongan penegak berbeda dengan golongan sebelumnya yaitu penggalang dan siaga. Penegak artinya menegakkan, mendirikan, menguatkan, mandiri, memimpin diri sendiri maupun orang lain. Warna tatopnya adalah kuning dan memiliki tanda kecakapan umum Bantara dan Laksana.

Golongan penegak sudah boleh mulai belajar membina sebuah gugus depan baik itu penggalang maupun siaga sebagai sarana belajar mengelola kelompok.

 

Waka Kurikulum, Drs. Tri Woko HS menjelaskan bahwa salah satu keterampilan abad 21 adalah komunikasi, kolaborasi, problem solving, kreatif dan kritis ini semua dapat diberikan melalui kegiatan kepramukaan dengan metode kepramukaan.

 

Penyematan tanda peserta oleh Kamabigus kepada dua orang peserta Pa dan Pi pada pembukaan Perkemahan Tamu Ambalan (PTA) SMA Negeri 2 Metro

 

Kegiatan kepramukaan menekankan kegiatan berkelompok, problem solving, fun dan keteraturan dalam beraktivitas. Tentunya ini mendukung visi dan misi sekolah.

 

Kegiatan PTA ini diikuti oleh peserta didik kelas 10 sejumlah 324 peserta didik, namun ada beberapa peserta didik yang izin tidak bisa mengikuti kegiatan dengan berbagai alasan, mulai dari sakit, ada kegiatan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan, latihan persiapan perlombaan dan lain sebagainya. Namun, alhamdulillah semoga semua bisa berjalan dengan baik hingga berakhir,” pungkas Waka Humas, Amar Fatkhalloh, S.Pd.I.

 

Kamabigus, Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd. Kamabigus menjadi Pembina Upacara peringatan HUT Pramuka

 

Kegiatan PTA yang telah ditutup dilanjutkan dengan upacara peringatan HUT Pramuka dengan pembina upacara Kamabigus, Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd. Kamabigus berpesan,

Pramuka adalah sarana dalam membentuk karakter jiwa-jiwa muda. Semangat muda itu ada pada diri siapa saja tanpa melihat usia. Jadilah seperti pohon kelapa yang biasa survive di mana saja dan memiliki manfaat yang banyak untuk semua orang,” pesan Kamabigus Ali Kurniawan,, S.HI, M.Pd.

Upacara HUT Pramuka dilanjutkan dengan pemukulan gong pembukaan Kegiatan Peringatan HUT RI Ke-78 yang akan dilaksanakan pada 14-17 Agustus 2023 di SMA Negeri 2 Metro dengan ragam kegiatan.

 

Time7Newss.com (ADV).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email