Beranda Lampung Kodim 0411/KM Siap Optimalkan Lahan Pertanian di Wilayah Teritorialnya

Kodim 0411/KM Siap Optimalkan Lahan Pertanian di Wilayah Teritorialnya

65
BERBAGI

Foto : Kodim 0411/KM Optimalkan Lahan Pertanian di Wilayah Teritorialnya. 


Time7Newss.com, Lampung Tengah.

Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P. mengatakan siap mendukung program Pemerintah dalam bidang ketahanan pangan di wilayah Teritorialnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Kodim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P. kepada personel Media Center Kodim 0411/KM. Rabu (06/03/2024).

Saya selaku Komandan Kodim 0411/KM, telah mengikuti kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama Optimalisasi Lahan Rawa (OPSLA) 2024 yang digelar di Kantor Kementerian Pertanian, Gedung F. Jl. Harsono RM Dalam, No 3, Jakarta Selatan, pada Senin 04 Maret 2024,” kata Dandim 0411/KM.

Pada kesempatan tersebut, selain Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, tampak hadir pula Waaster Kasad, Kapuziad, Dandim jajaran Korem 043/Gatam yakni Dandim 0429/Lamtim dan Komandan Kodim 0426/Tulang Bawang.serta Dinas Pertanian dari Provinsi/Kabupaten/Kota yang wilayahnya akan melaksanakan program Opsla,” jelas Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P.

Dandim 0411/KM mengatakan bahwa Mentan Andi Amran Sulaiman menegaskan, dengan adanya kerjasama antara Kementan dan TNI AD ini, maka swasembada pangan Indonesia optimis segera tercapai. Pasalnya, kerjasama ini tidak hanya peningkatan produksi pada lahan baku sawah, tapi juga mengoptimalkan lahan tidur.

Program yang akan dikerjasamakan adalah Optimalisasi Lahan Rawa bukan Cetak Sawah. Untuk wilayah Kodam II/Swj terdapat di 4 Provinsi, salah satunya Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan jajaran Korem 043/Gatam oleh Kodim 0429/Lamtim, Kodim 0411/KM dan Kodim 0426/Tulang Bawang.

Dalam rangka persiapan Opsla, Dinas Pertanian masing-masing wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota saat ini sedang melaksanakan Tahap Perencanaan (Survey Identification Design/SID dan RAB) sehingga akan diketahui Luasan (Ha) dan Rincian Pekerjaannya. Sedangkan rencana estimasi waktu pelaksanaan dimulai pada bulan April (setelah tahap perencanaan dari Distan selesai).

 

Time7Newss.com (DL).

 

 

Print Friendly, PDF & Email